Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MASKAPAI PENERBANGAN: Jelang Penerbangan Perdana Makassar-Jakarta, Load Factor AirAsia Melonjak 100%

MAKASSAR--Jelang penerbangan perdana AirAsia rute Makassar-Jakarta pada 17 Desember, tingkat keterisian pesawat mengalami lonjakan hingga 100%.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 14 Desember 2012  |  18:24 WIB

MAKASSAR--Jelang penerbangan perdana AirAsia rute Makassar-Jakarta pada 17 Desember, tingkat keterisian pesawat mengalami lonjakan hingga 100%.

Station Head AirAsia Makassar M Dikdik Mulyana mengatakan load factor atau tingkat keterisian kursi penumpang sudah mencapai 175 seat per hari jelang penerbangan perdana AirAsia tujuan Makassar-Jakarta.

"Load factor AirAsia dari Makassar ke Kuala Lumpur Malaysia terus naik. Tahun pertama pembukaan rute tersebut, baru mencapai 60% dan saat ini sudah di atas 80%,” jelas Dikdik, Jumat (14/12/2012). 

Maskapai penerbangan milik asing ini juga berencana menambah armada baru yang stay di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menjadi dua unit. Keduanya pesawat jenis Airbus Boeing A3200 berkapasitas 180 penumpang. 

Selain itu, pihaknya juga akan menambah frekuensi penerbangan dari Makassar-Jakarta, Jakarta-Makassar dari hanya empat kali sepekan menjadi setiap hari. Begitupula rute internasional Makassar-Kuala Lumpur. 

Saat ini AirAsia Indonesia telah menerbangi 30 rute di Indonesia termasuk penerbangan internasional dengan total pesawat yang beroperasi mencapai 22 unit. 

Dia optimistis pihaknya mampu meraih penumpang hingga 6 juta orang hingga akhir tahun ini. 

Comunication Manager PT AirAsia Indonesia Audrey Progastama Petriny menjelaskan pembukaan rute baru untuk berbagai penerbangan domestik, termasuk menjadikan Makassar sebagai hub keenam nasional ikut mendongkrak jumlah penumpang AirAsia tahun ini. 

"Kami optimistis target 6 juta penumpang itu tercapai. Setelah Makassar-Jakarta dan Makassar-Balikpapan, masih ada sejumlah rute domestik yang akan dibuka. Namun, belum bisa kami beritahu," ujarnya. 

Menurutnya, AirAsia meraih penghargaan internasional tahun ini untuk kategori terbanyak menerbangkan penumpang destinasi internasional di Indonesia dibandingkan dengan maskapai lain. 

Khusus penerbangan domestik, dengan dijadikannya Makassar sebagai hub ke enam nasional setelah Jakarta, Bandung, Denpasar, Surabaya dan Medan, diperkirakan ikut menambah revenue penumpang AirAsia secara nasional. 

"Ini bentuk keseriusan kami menggarap pasar KTI. Makassar memberi kontribusi besar di luar Jawa. Ada tiga rute terlayani dari Makassar dengan tingkat keterisian kursi di atas 80%," kata Audrey. (K46)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Hendra Nick Arthur

Editor : Yanita Petriella

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top