Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MUSIK INDONESIA butuh dukungan industri pendukung

News Editor
News Editor - Bisnis.com 13 Desember 2012  |  04:00 WIB
JAKARTA: Kalangan musisi menilai langkah pemerintah membuat ikon musik Indonesia terlalu instan tanpa ada dukungan dari industri musik di Tanah Air.
 
Adi Adrian, personel band Kla Project, mengatakan Korea Selatan membutuhkan proses panjang hingga aliran K-pop bisa berhasil mendunia saat ini.
 
"Niat membangun I-pop itu bagus, hanya perlu banyak dukungan dari semua pihak, baik pemerintah, industri musik, hingga perusahaan sebagai pemberi sponsor," katanya, Rabu (12/12/2012).
 
Menurutnya, musisi Korea Selatan diuntungkan karena banyak perusahaan kelas dunia di sana yang ikut membantu memrpmosikan musik melalui banyak saluran.
 
Misalnya saja, produsen kendaraan dan produsen elektronik besar di sana selalu siap membantu promosi dan pementasan musik.
 
Selain itu, pengembangan K-pop juga tidak terlepas dari peran asing, seperti dari Amerika Serikat dalam membangun dan memroduksi musik.
 
"Di Indonesia kondisinya tidak sama. Support untuk musisi lokal masih lemah, tidak seperti dukungan kepada musisi asing ketika akan menggelar konser," katanya.  (ra)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Roberto Purba

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top