Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INDUSTRI PENERBANGAN: Citilink buka 4 rute baru

JAKARTA--PT Citilink Indonesia membuka empat rute baru dan layanan Citilink Hotels bersama Agoda.com untuk mencapai target pendapatan Rp2 triliun sepanjang 2012.
Arif Gunawan Sulistyono
Arif Gunawan Sulistyono - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  19:53 WIB

JAKARTA--PT Citilink Indonesia membuka empat rute baru dan layanan Citilink Hotels bersama Agoda.com untuk mencapai target pendapatan Rp2 triliun sepanjang 2012.

Rute-rute baru yang akan dibuka Citilink yakni Jakarta-Denpasar pergi-pulang (pp) dan Denpasar-Balikpapan (pp dua kali), Jakarta-Makassar pp, dan Makassar-Balikpapan pp.

Untuk rute Jakarta-Denpasar dan Denpasar-Balikpapan akan mulai dibuka pada 16 Desember, Jakarta-Makassar dan Makassar-Balikpapan dimulai 26 Desember 2012

VP Marketing dan Communication Citilink Indonesia Aristo Kristandyo menjelaskan keempat rute baru ini sudah mendapat konfirmasi dari regulator, dan untuk rute-rute lainnya masih akan diajukan.

"Setidaknya pada awal 2013, kami sudah menambah kota yang diterbangi, karena masih banyak jatah yang diberikan regulator pada saat kami mendapatkan Air Operator Sertificate (AOC), misalnya rute Yogyakarta-Palembang-Pekanbaru," kata Aristo.

Dia menjelaskan penambahan rute baru ini akan dilayani pesawat baru yakni tiga unit Airbus 320 sehingga pada akhir tahun ini Citilink mengoperasikan 21 unit pesawat.

Dengan rute dan pesawat baru ini, imbuh Aristo, pihaknya optimistis dapat mengangkut hingga 4 juta penumpang hingga akhir 2012. Dengan demikian pendapatan ditarget Rp2 triliun.

"Kami menghitung target pendapatan dengan merata-ratakan harga per tiket dikali dengan target jumlah penumpang hingga akhir 2012," kata Aristo.

Aristo menjelaskan target pendapatan ini dihitung berdasarkan harga rata-rata per tiket Rp500.000 dikali dengan target jumlah penumpang hingga akhir 2012 yakni 4 juta orang.

Aristo menjelaskan pada tahun depan, Citilink menargetkan 7,2 juta penumpang, sehingga total pendapatan diperkirakan mencapai Rp3,6 triliun dengan 160 kali frekuensi terbang per hari, sedangkan pada akhir tahun ini masih 137 kali frekuensi per hari.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Berliana Elisabeth S.

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top