GAS TANGGUH: Eks-Ekspor Sempra Energy Dialokasikan Untuk Domestik

JAKARTA-- Satuan Kerja Sementara Pelaksana Hulu (SKSP) Minyak dan Gas Bumi memastikan gas Tangguh eks ekspor Sempra Energy, Amerika Serikat, dialokasikan untuk kebutuhan domestik.,Deputi Perencanaan SKSP Migas Widhyawan Prawiraatmadja mengatakan gas
Fajrin | 11 Desember 2012 16:13 WIB

JAKARTA-- Satuan Kerja Sementara Pelaksana Hulu (SKSP) Minyak dan Gas Bumi memastikan gas Tangguh eks ekspor Sempra Energy, Amerika Serikat, dialokasikan untuk kebutuhan domestik.,Deputi Perencanaan SKSP Migas Widhyawan Prawiraatmadja mengatakan gas eks ekspor Sempra memang sejak diawal dipastikan untuk memenuhi kebutuhan domestik.

Keputusan alokasi Sempra ke domestik telah ditandatangani Menteri ESDM Jero Wacik pada 23 November 2012 berdasarkan perhitungan kebutuhan infrastruktur yang ada. "Kami berkomitmen gas Sempra dialokasikan memenuhi kebutuhan dalam negeri. Alokasi Sempra itu sudah menghitung kebutuhan gas infrastruktur seperti terminal Jakarta, Jateng, Arun, dan Lampung,” kata Widhyawan, Selasa (11/12).Menurutnya, tidak mungkin ada infrastruktur di dalam negeri yang tidak terpenuhi kebutuha gas-nya. Memang, lanjut Widhyawan, pada awalnya pasokan Sempra ke domestik hanya sedikit. Hal ini karena disesuaikan dengan kebutuhan infrastrukturnya.Meski begitu, pihaknya berjanji pasokan Sempra ke domestik akan lebih besar lagi ke depannya. Kalaupun ada ada ekspor gas Sempra, itu hanya bersifat sementara dan berjangka pendek.“Memang konsumen domestik tidak bisa menyerap seluruh alokasi Sempra dalam jangka pendek. Tapi, kalaupun ada ekspor gas Sempra, maka hanya bersifat pendek, yang maksimal berjangka tiga tahun. Tidak ada kontrak jangka panjang,” papanya. (if) 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup