Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KINERJA BUMN: Hutama Karya Dipersiapkan Jadi Perusahaan Jalan Tol

JAKARTA: Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyambut baik usaha Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan untuk mengubah status perusahaan PT. Hutama Karya Persero menjadi perusahaan jalan tol.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 September 2012  |  17:44 WIB

JAKARTA: Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyambut baik usaha Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan untuk mengubah status perusahaan PT. Hutama Karya Persero menjadi perusahaan jalan tol.

Jika terwujud maka Hutama Karya (HK) akan menjadi pesaing Jasa Marga yang selama ini menjadi garda terdepan dalam proyek pengerjaan jalan tol. “Mungkin beliau menginginkan adanya kompetisi,” ujar Djoko Kirmanto, Jumat (21/9).

Walaupun menyambut baik usaha tersebut, Djoko mengatakan tidak mungkin HK terus mendapat subsidi dari pemerintah karena mengambil proyek yang tidak sehat secara finansial. . "Harus ada terus subsidi dari pemerintah,” katanya.

Sekadar catatan beberapa waktu lalu, setelah rapat bersama Komisi XI Dahlan Iskan mengutarakan niatnya menjadikan HK menjadi perusahaan jalan tol dan bukan perusahaan konstruksi lagi. Dahlan memilih HK karena menilai perusahaan itu mempunyai kemampuan di bidang pengerjaan jalan tol.

Sementara itu ketika ditanya perihal HK yang dinalai sebagai pemain baru dalam pengerjaan jalan tol, Djoko mengungkapkan  tidak ada alasan untuk meragukan HK. “Jika Pak Dahlan sebagai pembimbingnya yakin, masak saya tidak?”.

Ketika ditanya lebih lanjut, Djoko belum tahu bagaimana proses perubahan itu dapat terealisasi. (27/yus)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top