Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jerman syaratkan BAHAN BAKAR BIOFUEL dengan sertifikat global

JAKARTA: Minyak kelapa sawit dan produk turunan yang akan digunakan sebagai bahan bakar minyak nabati (biofuel) di Jerman harus memenuhi persyaratan International Sustainability and Carbon Certification (ISCC).
Yeni H. Simanjuntak
Yeni H. Simanjuntak - Bisnis.com 31 Mei 2012  |  20:46 WIB

JAKARTA: Minyak kelapa sawit dan produk turunan yang akan digunakan sebagai bahan bakar minyak nabati (biofuel) di Jerman harus memenuhi persyaratan International Sustainability and Carbon Certification (ISCC).

Dengan begitu pemerintah Indonesia diharapkan bisa mengkomunikasikan sertifikat tersebut dengan pihak Jerman.Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono mengatakan karena aturan sertifikat itu digagas oleh pemerintah Jerman, pihaknya mengharapkan agar pemerintah Indonesia melakukan komunikasi langsung secara G to G. "Selain itu, pemerintah Indonesia juga perlu memperkenalkan ISPO [Indonesia on Sustainability Palm Oil] lebih lanjut agar bisa diakui oleh pemerintah Jerman," ujarnya, Kamis 31 Mei 2012.Hambatan minyak kelapa sawit sebagai bahan baku biofuel ke pasar Uni Eropa kian bertambah. Pasalnya, sejak tahun ini Jerman memberlakukan ketentuan ISCC.ISCC merupakan standar keberlanjutan pertama yang ditetapkan oleh Jerman untuk energi nabati. Hal itu dimaksudkan untuk bioenergy untuk memenuhi European renewable energy directive (RED) yang berlaku akhir 2010.Terkait hal itu, Menteri Pertanian Suswono bersama pelaku usaha telah bertemu menteri pertanian Jerman di Berlin untuk memperkenalkan ISPO pada 25-26 Mei lalu."Sebagai pihak swasta, mestinya kunjungan itu sebagai tahap permulaan ada manfaatnya," ujar Joko. (ra)

 

BERITA LAINNYA:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top