Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRANPORTASI PUBLIK: Trans Sarbagita ajukan tambahan anggaran

DENPASAR: Pengelola Public Transport, Bus Trans Sarbagita mengalokasikan tambahan biaya menjadi Rp6 miliar untuk operasional armada dan koridor baru yang melintas ditengah Kota Denpasar-Kabupaten Badung. Kepala Pengelola Trans Sarbagita Provinsi

DENPASAR: Pengelola Public Transport, Bus Trans Sarbagita mengalokasikan tambahan biaya menjadi Rp6 miliar untuk operasional armada dan koridor baru yang melintas ditengah Kota Denpasar-Kabupaten Badung. Kepala Pengelola Trans Sarbagita Provinsi Bali IB Parsha mengatakan untuk pengoperasioan 10 bus tambahan dari Kementerian Perhubungan, dinas setempat mengajukan dana sekitar Rp2 miliar untuk menopang kegiatan seluruh armada bus tambahan. “Berdasarkan rencana 10 bus itu akan beroperasi di koridor I,” katanya kepada bisnis, hari ini. Parsha menerangkan dukungan anggaran untuk biaya operasional 10 bus itu sebesar Rp2 miliar selama setahun. Anggaran itu menambah biaya operasional 15 bus Trans Sarbagita koridor II sebanyak Rp4,2 miliar pada 2012. “Seluruh anggaran dengan total Rp6,2 miliar ini dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah Provinsi Bali 2012.” Saat ini, 10 bus itu masih berada di semarang untuk penyelesaian surat kelengkapan termasuk penggantian plat nomor. Rencananya akan datang secara bertahap pada 4 hari mendatang. Setelah itu, bus segera dioperasikan. Sebanyak 10 unit Trans Sarbagita itu, lanjut Parsha, akan dioperasikan di satu koridor baru yang melintas di tengah Kota Denpasar menuju Badung. Koridor baru ini disipakan dari Gelanggang Olahraga Ngurah Rai menuju Universitas Udayana Sudirman Denpasar hingga ke Politeknik Negeri Bali dan berakhir di taman budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Jimbaran. Pengoperasian bus ini, katanya, untuk menopang gerak bus trans sarbagita yang sudah beroperasi di  koridor pertama di koridor II, Batubulan Kabupaten Gianyar menuju Nusa Dua Kabupaten Badung. Pada koridor baru yang melintasi beberapa kampus universitas dan politeknik dapat melayani segmen penumpang mahasiswa. Sebagai persiapan, lanjutnya, saat ini pemerintah telah menyediakan sejumlah koridor dalam kota untuk melengkapi yang sudah ada. Persiapan ini akan dipercepat mengingat target waktu penetapan operasi koridor Trans Sarbagita dalam kota.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Matroji

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper