Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PIP siap dukung proyek energi terbarukan PLN

 
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 16 Mei 2012  |  19:20 WIB

 

JAKARTA: Pusat Investasi Pemerintah mengaku siap mendukung pembiayaan pembangunan proyek energi terbarukan yang dilakukan oleh PT Perusahaan Listrik Negara. 

 

Kepala PIP Soritaon Siregar dalam siaran persnya mengatakan pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman bersama PT PLN terkait dukungan pendanaan proyek pembangkit listriki yang bersumber energi terbarukan, seperti micro hydro dan biomass.

 

Hingga kini, dia menjelaskan, jumlah proyek Pusat Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) yang telah didanai masih relatif sedikit. Hal ini disebabkan timbulnya kendala untuk memperoleh pendanaan, baik dari perbankan maupun lembaga keuangan lain.   

 

"PIP telah menerima permohonan pinjaman dari beberapa perusahaan untuk pembangunan pembangkit listrik. Perusahaan sudah punya kesepakatan jual beli listrik dengan PLN," ujarnya dalam siaran pers,Rabu (16 Mei 20120).

 

Kendati demikian, dia menuturkan PIP masih memiliki keterbatasan pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola pendanaan atas proyek berbasis energi terbarukan. Pasalnya, menurut Soritaon, pihaknya baru mulai menangani proyek energi terbarukan.

 

"Karena inilah, PIP berinisiatif untuk bekerja sama dengan PLN," katanya.

 

Berdasarkan nota kesepahaman, PIP berniat mendukung pembiayaan proyek energi terbarukan yang potensial untuk didanai dan memiliki manfaat sosial ekonomi tetapi belum memperoleh financial close.

 

Selain itu, kedua pihak menjalin kerja sama dalam hal berbagi pengetahuan dan informasi (sharing knowledge) serta capacity building dalam proses penilaian kelayakan proyek pembangunan PLTMH yang akan dibiayai. (ea)

 

JANGAN LEWATKAN:

>>> 5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

>>> 8 ENTREPRENEUR YANG MENGINSPIRASI

>>> 10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top