Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AGRIBISNIS: PTPN XII diversifikasi usaha hilir

SURABAYA: PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) mendirikan 3 anak perusahaan PT Rolas Nusantara Mandiri, PT Rolas Nusantara Medika dan PT Alam Lestari Nusantara guna mengembangkan sektor hilir.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 11 Mei 2012  |  12:43 WIB

SURABAYA: PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) mendirikan 3 anak perusahaan PT Rolas Nusantara Mandiri, PT Rolas Nusantara Medika dan PT Alam Lestari Nusantara guna mengembangkan sektor hilir.

 

Anak perusahaan ini akan menjadi bagian diversifikasi usaha di luar bisnis inti di bidang pembudidayaan karet, kopi, kakao, teh dan kayu-kayuan.

Ketiga anak usaha BUMN yang berkantor pusat di Surabaya itu difungsikan untuk menghasilkan produk jadi seperti kopi bubuk, teh celup, hortikultura, pengoperasian kafe, rumah sakit, industri ban. Pengembangan sektor hilir diupayakan dapat mendongkrak pendapatan PTPN XII.

Pada 2011 BUMN tersebut merealisasikan pendapatan Rp1,2 triliun dengan laba bersih Rp135 miliar dan ditargetkan naik Rp1,5 triliun dan laba bersih Rp141 miliar tahun ini. Kinerja pada tahun-tahun mendatang diupayakan terus naik melalui pembentukan anak usaha.

“Kami terus berupaya menaikkan revenue dan laba, maka melakukan optimalisasi lahan dengan membudidayakan aneka komoditas [di luar bisnis inti] yang dibutuhkan pasar sekaligus mengembangkan produk hilir yang berprospek bagus,” ujar Singgih Irwan Basri,  saat berkunjung ke Kebun Blawan, Kab. Bondowoso, Jawa Timur, Rabu petang (9 Mei 2012).

Dia mengatakan langkah tersebut tidak hanya dilakukan dengan pengembangan secara internal, tetapi juga bersinergi dengan BUMN lain sesuai yang dicanangkan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Bentuk sinergi yang dilakukan PTPN XII adalah menggandeng PT Perkebunan Nusantara VI dengan membentuk anak usaha PT Alam Lestari Nusantara yang bergerak di bidang pembudidayaan tanaman karet di Sumatera.

“Dalam tahap awal, Alam Lestari Nusantara sudah mulai melakukan aktifitas pembudidayaan tanaman karet seluas 700 hektare dan bisa dikembangkan lagi menjadi 10.000 hektare. Hasil produksinya kelak diproses menjadi ban kendaraan bermotor roda dua atau roda empat dengan menggandeng PTPN lainnya lagi,” tutur Irwan.

Saat ini PTPN XII mengelola 34 kebun seluas 80.000 hektare di Jawa Timur, yang dimanfaatkan untuk pembudidayaan karet, kopi, kakao, teh dan kayu-kayuan (sengon, gmelina, jati). Hasil panen komoditas itu dipasarkan dalam bentuk setengah jadi atau bahan baku. (k22/arh)

 

 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

Ini 10 Artikel MOST READ Setahun Terakhir


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : JIBI

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top