Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KERJA SAMA AFTA: Pemerintah & Pelaku Usaha saling tuding soal fasilitas

JAKARTA: Pemerintah menuding pelaku usaha belum mengoptimalkan fasilitas dalam kerja sama perdagangan bebas antara negara-negara Asean, sehingga ekspor Indonesia ke negara di kawasan Asia Tenggara tidak menunjukkan kinerja cemerlang.Wakil Menteri Perdagangan

JAKARTA: Pemerintah menuding pelaku usaha belum mengoptimalkan fasilitas dalam kerja sama perdagangan bebas antara negara-negara Asean, sehingga ekspor Indonesia ke negara di kawasan Asia Tenggara tidak menunjukkan kinerja cemerlang.Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan pelaku usaha perlu meningkatkan pemanfaatan fasilitas dalam kerjasama Asean Free Trade Area (AFTA), sehingga mampu menggenjot ekspor.Fasilitas yang dimaksud adalah surat keterangan asal (SKA) atau certificate of origin form D yang memberikan penurunan tarif menjadi 0%-5% bagi pelaku ekspor.“Sebagian pelaku usaha kita belum bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan di Asean sendiri,” ujarnya, hari ini.Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya mengumumkan nilai ekspor Indonesia ke Asean pada kuartal I/2012 hanya US$7,91 miliar atau turun 8,63% dibanding periode sama tahun sebelumnya.Selain karena pemanfaatan fasilitas AFTA yang kurang, Bayu berujar hambatan nontarif (nontariff barrier) berupa standar untuk produk kosmetik dan herbal yang diterapkan negara-negara Asean turut menjadi penyebab penurunan ekspor.“Mereka menerapkan itu dalam rangka perlindungan konsumen. Tarif sudah tidak menjadi isu. Yang banyak justru faktor-faktor nontarif dan mereka membuat standar yang cukup berat,” jelasnya.Namun, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Gusmardi Bustami mengatakan penurunan ekspor ke Asean berkaitan dengan ekspor ke Singapura yang merosot karena pertumbuhan ekonomi melambat. Pada 2011, pertumbuhan ekonomi negeri jiran itu hanya 4,8%.“Begitu ekonomi dunia goncang, Singapura yang pertumbuhan ekonominya begitu bergantung pada perdagangan luar negeri, terpengaruh juga. Ini mempunyai correlation semua. Ada link-nya,” katanya.Pengurus Kamar Dagang dan Industri, Mintardjo Halim, justru meminta pemerintah menyosialisasikan fasilitas yang bisa didapat eksportir dalam kerangka kerjasama AFTA.“Ini yang banyak pengusaha belum tahu,” ungkapnya.Di sisi lain, impor Indonesia dari Asean pada kuartal I/2012 naik 8,46% menjadi US$7,75 miliar.Bayu menjelaskan sejumlah negara Asean, seperti Singapura, Malaysia dan Thailand tengah menggenjot ekspor ke Indonesia secara besar-besaran sebagai kompensasi atas pelambatan tahun-tahun sebelumnya.Pertumbuhan ekonomi Singapura pada 2008 sempat minus 10,1% dan naik tipis menjadi 1,3% pada 2009. Demikian pula dengan Malaysia yang sempat mengalami kontraksi dan Thailand yang dilanda banjir besarsehingga pertumbuhan ekonominya merosot.“Indonesia sekarang menjadi pasar terbesar Asean karena pertumbuhannya yang masih di atas 6% dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mengalihkan ke Indonesia karena kesulitan ke pasar dunia,” ujarnya. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya
Sumber : Sri Mas Sari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper