Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BISNIS PERTAMBANGAN: Nyuruh bangun smelter, listriknya mana?

JAKARTA : Pemerintah diharapkan tidak hanya meminta pengusaha agar membangun fasilitas pengolahan pemurnian (smelter) di dalam negeri, tapi juga bisa menyediakan infrastruktur listriknya.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 07 Mei 2012  |  20:09 WIB

JAKARTA : Pemerintah diharapkan tidak hanya meminta pengusaha agar membangun fasilitas pengolahan pemurnian (smelter) di dalam negeri, tapi juga bisa menyediakan infrastruktur listriknya.

 Bambang Sujagad, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri, Riset, dan Teknologi mengatakan Kadin sepenuhnya mendukung hilirisasi minerba.Namun di sisi lain, Kadin meminta pemerintah menyediakan infrastrukturnya karena investasi smelter cukup besar. Membangun smelter itu, kata Bambang,  tidak gampang karena padat modal serta butuh teknologi dan infrastruktur seperti listrik."Jangan sampai ada investor yang sudah siap bangun smelter tapi pemerintah tidak siapkan infrastrukturnya padahal 80% dari total cost itu listrik semua. Listrik itu sangat penting dalam smelter," ujarnya, Senin 7 Mei 2012. Bambang mengatakan di satu sisi pemerintah ingin memperbanyak smelter tapi di sisi lain hingga saat ini listrik di Indonesia masih kurang.Bahkan, program 10.000 MW tahap I belum bisa direalisasikan semuanya. Meski PLN sebelumnya sudah mengklaim bisa menjamin ketersediaan listrik untuk smelter, namun Bambang menyangsikan hal itu. Dia mencontohkan, sebuah fasilitas pemurnian (smelter) dari alumina menjadi aluminium milik perusahaan India di Kalimantan Timur membutuhkan listrik hingga 1.250 MW. Artinya, jika ada 10 smelter saja, sudah membutuhkan 12.500 MW. "Kadin dukung hilirisasi tapi pemerintah pada saat yang sama juga diharapkan bisa mengerjakan PR-nya, yaitu menyediakan infrastruktur. Jangan sampai pada waktunya kita sudah tanamkan modal dan teknologi tapi pemerintah tidak siapkan listriknya." (ra)

 

 

>BACA JUGA

Sriwijaya Air buka kelas bisnis


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top