Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kawasan industri disinergikan dengan pengembangan kota

 
Deriz Syarief
Deriz Syarief - Bisnis.com 30 November 2011  |  17:38 WIB

 

JAKARTA: Pengembangan kawasan industri di Indonesia ke depan lebih diprientasikan kepada sinergi dengan sektor lain yang lebih mengarah pada pengembangan kota baru.
 
Menteri Perindustrian Mohamad S. Hidayat mengatakan prospek pengembangan kawasan industri sangat besar karena didukung oleh sumber daya alam yang melimpah dan besarnya jumlah penduduk.
 
"Sektor industri dapat dijadikan komponen utama dalam pengembangan pusat pertumbuhan industri dan dengan disinergikan dengan sektor lain maka akan menjadi kota baru. Saat ini pengembangan kawasan industri lebih terfokus di Pulau Jawa" kata Mohamad dalam sambutan rapat kerja nasional Real Estate Indonesia (REI), hari ini.
 
Menurutnya, kawasan industri masa depan menuju kota baru sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas industri dalam negeri dan dapat memenuhi kebutuhan industri tersebut serta memenuhi tuntutan dunia internasional.
 
Dia menuturkan pembangunan kota baru dengan kawasan industri sebagai penggerak diharapkan dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing yang dapat mengembangkan rantai nilai perekonomian suatu daerah, menarik jumlah investasi yang lebih besar, berkontribusi bagi penelitian dan pengembangan sektor industri dan mengembangkan ekosistem di dalamnya.
 
Dia mencontohkan pengembangan kawasan industri di Sei Mangkei, Sumatra Utara yang rencananya akan mengarah pada pengembangan kota baru dan kawasan industri modern serta terintegrasi dengan seluruh dukungan infrastruktur dari berbagai sektor. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top