Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Surabaya ditawarkan konsep 'bus layang'

SURABAYA: PT Zebra Nusantara Tbk menawarkan konsep angkutan umum bus layang kepada Pemkot Surabaya sebagai alternatif mengatasi kemacetan di kota tersebut.Luli Widharmadi, CEO PT Zebra Nusantara, mengklaim alternatif ini lebih murah dibandingkan

SURABAYA: PT Zebra Nusantara Tbk menawarkan konsep angkutan umum "bus layang" kepada Pemkot Surabaya sebagai alternatif mengatasi kemacetan di kota tersebut.Luli Widharmadi, CEO PT Zebra Nusantara, mengklaim alternatif ini lebih murah dibandingkan dengan alternatif lainnya seperti busway, subway dan monorail."Investasi 'bus layang' ini hanya sekitar 15% dari investasi untuk pembangunan infrastruktur subway," katanya kepada wartawan, hari ini.Nilai investasi untuk subway berkisar US$100 juta per km, sedangkan monorail sekitar US$50 juta.'Bus layang' ini berbentuk seperti sebuah 'terowongan berjalan', di mana para pengguna jalan lainnya tetap bisa menggunakan jalur yang sama, tanpa terganggu keberadaan 'bus layang' tersebut. Kendaraan ini diperkirakan mampu mengangkut kurang lebih 1.200 orang dan digerakkan dengan tenaga listrik. Konsep ini sudah diterapkan di China, Spanyol, hingga Brasil."Masa konstruksi juga relatif cepat, hanya sekitar satu tahun. Selain itu, di konsep ini tersedia escape system untuk keadaan darurat," jelas Luli.Namun, Luli mengakui sejauh ini belum ada tanggapan dari pemkot Surabaya, karena masih dalam tahap sosialisasi. Menurutnya, jika lancar, konsep ini bisa mulai dioperasikan Januari 2013.Setiap tahun volume pertumbuhan kendaraan bermotor di Surabaya mencapai 10%-12%, sementara pertumbuhan jalan tidak sebanding. Dengan kondisi ini, dikhawatirkan 2013 mendatang Surabaya mengalami kemacetan total. (24/tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : Bunga Citra Arum N

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper