Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia usulkan standardisasi profesi

 
Jessica Nova
Jessica Nova - Bisnis.com 22 September 2011  |  13:08 WIB

 

JAKARTA: Indonesia dalam forum kerja sama Indonesia, Malaysia and Thailand Growth Triangle (IMT-GT) mengusulkan adanya kerangka kualifikasi profesi sesuai dengan standar kompetensi.
 
Hal itu dimaksudkan agar dapat terwujud penyetaraan kualifikasi SDM (sumber daya manusia) yang berkontribusi pada peningkatan daya saing sub regional.
 
Menakertrans Muhaimin Iskandar menyatakan kerja sama ekonomi sub regional di wilayah perbatasan tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia dan Thailand ini harus mengejar persaingan standar kualitas SDM di tingkat dunia.
 
"Untuk itu, Indonesia mengusulkan adanya kerangka kualifikasi profesi bagi SDM di tiga negara tersebut menuju masyarakat ekonomi Asean 2015," ujarnya saat membuka Forum Kerja Sama IMT-GT di Jakarta, hari ini.
 
Menurut dia, diperlukan komitmen yang lebih besar dari ketiga negara itu untuk meningkatkan pemanfaatan forum kerja sama ekonomi sub regional IMT-GT. khususnya di bidang SDM.
 
Komitmen anggota forum ini, lanjutnya, mencakup tukar menukar informasi atas potensi dan tantangan di setiap negara dan adanya kesepakatan untuk mengembangkan standar kompetensi.
 
Selain itu, Muhaimin menambahkan ketiga negara harus menguatkan keberadaan dan perannya pada tingkat sekretariat naisonal dan sekretariat di tingkat provinsi.
 
"Penguatan itu dikarenakan anggota IMT-GT di Indonesia ada di 10 provinsi di Sumatera, delapan provinsi di Malaysia dan delapan provinsi di Thailand," ungkapnya. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top