Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maskapai Baru Buka Rute ke India dari Bandara Ngurah Rai Bali

Vistara, maskapai baru bentukan Tata Group dan Singapore Airlines membuka rute ke India dari Bandara Ngurah Rai.
Suasana di Bandara Ngurah Rai, Bali./ Dok. AP I
Suasana di Bandara Ngurah Rai, Bali./ Dok. AP I

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali resmi menambah pelayanan rute internasionalnya setelah maskapai baru bernama Vistara melayani rute penerbangan Delhi-Bali-Delhi secara perdana pada Jumat (1/12/2023) siang.

Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) tersebut ini melayani pembukaan rute penerbangan atau inaugural flight dari maskapai asal India bentukan Tata Group dan Singapore Airlines, Vistara, dengan rute Delhi-Bali-Delhi.

Pembukaan rute penerbangan ini sekaligus mencatat sejarah terhubungnya India-Bali melalui penerbangan langsung atau direct flight. Sebelumnya, rute India-Bali hanya dilayani melalui penerbangan lanjutan atau tidak langsung.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menyatakan antusiasme dan optimisme terhadap pembukaan rute ini. Pembukaan rute penerbangan ini sekaligus diharapkan memberikan dampak positif terhadap pariwisata di Bali. Kini, Bandara Ngurah Rai melayani sebanyak 37 rute internasional yang dioperasikan oleh 37 maskapai penerbangan.

Faik menuturkan, sebelum pandemi Covid-19, atau 2019, wisatawan asal India menempati urutan ketiga untuk jumlah kedatangan wisatawan mancanegara di Bali, setelah turis asal Australia dan China.

"Saat itu belum ada rute penerbangan direct dari India ke Bali, melainkan hanya penerbangan lanjutan. Dengan dibukanya rute penerbangan langsung ini, kami optimistis akan turut menggenjot angka jumlah wisatawan asal India di Bali," kata Faik dalam keterangan resminya, Jumat (1/12/2023).

Dikutip dari data Kantor Imigrasi Ngurah Rai, wisatawan berpaspor India menempati urutan ketiga terbanyak yang dilayani Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 2019, yakni sebanyak 377.543 jiwa. Jumlah ini mencakup sebesar 9% dari keseluruhan wisatawan mancanegara yang tiba di Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali di tahun 2019, yakni sebanyak 6.298.852 wisatawan.

Sementara itu, CEO Vistara Vinod Kannan mengatakan, Bali merupakan salah satu dari tujuan wisata paling diminati bagi wisatawan asal India. Kannan menuturkan, Vistara saat ini menjadi satu-satunya maskapai yang saat ini melayani rute penerbangan langsung antara Delhi dengan Bali.

“Dengan kedekatan hubungan dagang dan budaya antara India dengan Indonesia, Bali secara cepat mengalami pertumbuhan menjadi destinasi utama bagi para pebisnis dan untuk tujuan MICE [meeting, incentive, convention, and exhibition]," jelas Kannan.

Sebagai informasi, penerbangan langsung Delhi-Bali-Delhi dijadwalkan beroperasi setiap hari. Untuk rute Delhi-Bali, dilayani dengan penerbangan UK145 yang berangkat dari Delhi pada pukul 00.30 waktu setempat, serta mendarat di Bali pada pukul 11.05 WITA.

Sedangkan, untuk rute sebaliknya dilayani dengan penerbangan UK146 dengan waktu keberangkatan dari Bali pada pukul 12.10 WITA, serta dijadwalkan tiba di Delhi pada pukul 17.45 waktu setempat.

Adapun, inaugural flight Vistara pada hari ini menggunakan pesawat Airbus A321LR dengan nomor penerbangan UK145, serta mendarat di runway Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada pukul 10.52 WITA setelah sebelumnya berangkat dari Bandara Indira Gandhi di kota Delhi, India, pada pukul 01.12 waktu setempat. Dikutip dari data manifes penerbangan, penerbangan tersebut mengangkut 185 penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper