Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu Australia Bakal Hadiri Rangkaian Pertemuan Asean Pekan Ini

Menlu Australia Penny Wong akan menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri Asean-Australia, Pertemuan Menlu KTT Asia Timur, dan Forum Regional Asean.
Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong./Istimewa
Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong turut menghadiri rangkaian pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri Asean yang berlangsung pekan ini di Jakarta.

Dalam kunjungannya di Jakarta, Menlu Penny Wong akan menghadiri pertemuan tingkat Asean seperti tahunan Tingkat Menteri Luar Negeri Asean-Australia, Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur, dan Forum Regional Asean.

 Dalam pertemuan dengan para Menteri Luar Negeri ASEAN, Menlu Penny akan membahas peluang untuk meningkatkan kerja sama di bawah Kemitraan Strategis Komprehensif Asean-Australia.

Adapun kemitraan strategis ini mencakup hal perubahan iklim, ketahanan kesehatan, dan pandangan Asean terhadap Indo-Pasifik.

“Australia melihat Asean sebagai pusat kawasan yang stabil, damai, dan makmur. Kami memiliki hubungan keluarga, pendidikan, pariwisata, dan bisnis yang mendalam dengan negara-negara di Asia Tenggara, dan masa depan kita terkait dengan masa depan kawasan yang kita tinggali bersama,” ungkap Penny dalam keterangan resminya, Selasa (11/7/2023).

Penny memandang peran Asean diperlukan untuk stabilitas kawasan. Australia juga akan terus bekerja dalam kemitraan dengan Asean untuk membentuk kawasan yang ingin dicapai kedua belah pihak.

Sementgara itu, pada Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur dan Forum Regional ASEAN, Menlu Penny akan menguraikan visi Australia untuk kawasan dan kerja implementasi sama dengan Asean untuk mengatasi tantangan global.

“Kunjungan saya ke Jakarta, seminggu setelah kunjungan Presiden Widodo ke Australia, merupakan kesempatan untuk lebih memperkuat kemitraan kami dengan Indonesia dan menegaskan kembali dukungan kami terhadap prioritas Indonesia sebagai Ketua Asean 2023,” lanjutnya.

Selain itu, Penny juga akan meresmikan pameran foto yang menandai 70 tahun beasiswa Australia di Indonesia, berpartisipasi dalam diskusi dengan kaum muda Indonesia tentang aspirasi bersama kami untuk kawasan ini, dan mengunjungi pusat kesehatan untuk menegaskan kemitraan Australia dan Indonesia di bidang reformasi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper