Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan Hankyu Hanshin Beli Central Park dari Agung Podomoro (APLN)

Hankyu Hanshin Properties mengungkapkan alasan mengakuisisi kepemilikan Central Park Mall dari Agung Podomoro Land (APLN).
Kawasan Central Park Mall - Dok. Agung Podomoro Land (APLN).
Kawasan Central Park Mall - Dok. Agung Podomoro Land (APLN).

Bisnis.com, JAKARTA - Pengembang properti yang berbasis di Jepang, Hankyu Hanshin Properties Corp melalui PT CPM Assets Indonesia resmi mengambil alih kepemilikan kawasan komersial Central Park Mall besutan Agung Podomoro Land (APLN).

Presiden Hankyu Hanshin Properties Morotomi Ryuichi, mengungkapkan alasan perusahaan mengakuisisi 85 persen kepemilikan Central Park Mall sejak 22 september 2022 lalu. Salah satunya dilatarbelakangi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menarik bagi investor asing tersebut.

"Indonesia terus mencapai pembangunan ekonomi dengan latar belakang ekspansi pasar konsumen yang kuat didukung oleh populasi yang melimpah," kata Ryuichi dalam keterangan resminya, Selasa (18/10/2022). 

Menurutnya, properti ini berada di lokasi strategis di bagian barat kawasan metropolitan Jakarta. Kawasan ini diklaim sebagai salah satu kawasan paling berkembang secara ekonomi di Asia Tenggara.

Selain itu, lokasi Central Park Mall juga dinilai strategis karena posisinya dekat dengan pintu masuk jalan tol yang menghubungkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan pusat kota Jakarta. 

Ryuichi mengaku tertarik dengan fasilitas di kawasan pusat perbelanjaan Central Park Mall karena memiliki konsep ruang terbuka yang luas dengan fasilitas lainnya yang memungkinkan untuk menarik beragam konsumen dari area beragam. 

"Secara khusus, pertumbuhan lebih lanjut diharapkan di wilayah metropolitan Jakarta, di mana populasi kelas menengah ke atas, yang merupakan target utama dari Properti ini diharapkan meningkat secara signifikan dalam jangka menengah hingga panjang," ujarnya.

Properti ini juga dikenal telah digunakan oleh banyak penduduk, pekerja kantor, tamu hotel, dan lainnya di Kota Podomoro Jakarta sebagai kawasan mix-used development skala besar dan dianggap sebagai fasilitas komersial skala besar yang representatif di wilayah Jakarta Barat.

Di sisi lain, karena perseroan merupakan investor utama di PT CPM Assets Indonesia melalui CPM Assets Japan LLC (CPMAJ), maka pihaknya akan mengirimkan direktur dan karyawannya ke CPM untuk memimpin operasi dan pengelolaan properti tersebut.

Nantinya, pihak Hankyu Hanshin Properties akan berkontribusi melalui akumulasi keahlian dalam bisnis real estate untuk memimpin dalam pengoperasian dan pengelolaan properti, sehingga meningkatkan nilai properti dan membangun landasan untuk bisnis leasing di Asean.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Selasa (18/10/2022), APLN melepas kepemilikan atas 149 unit satuan rusun dengan nilai transaksi mencapai Rp4,53 triliun. Dana hasil investasi tersebut akan digunakan untuk membayar utang pinjaman dan memperkuat likuiditas APLN.

APLN juga nantinya akan melakukan investasi kembali dana hasil divestasi CP Mall pada PT CPM Assets Indonesia, sehingga APLN memiliki 28,58 persen saham.

"Transaksi memiliki dampak yang positif atas kegiatan operasional dan kondisi finansial perseroan, terutama likuiditas perusahaan, di mana perserotan telah berhasil membayar dan melunasi seluruh utang yang dimiliki kepada Guthire Venture Pte. Ltd," kata Direktur APLN Cesar M. Dela Cruz, dikutip dari keterbukaan infromasi, Selasa (18/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper