Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Presiden Joko Widodo berjalan seusai memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Lihat Foto
Premium

Menilik Untung-Rugi Pajak Khusus di Ibu Kota Negara (IKN)

Pemerintah membuka ruang untuk melakukan pemungutan pajak khusus IKN dan pungutan khusus IKN dalam rangka pendanaan untuk penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com
09 Mei 2022 | 05:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka pendanaan untuk penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pemerintah memberikan wewenang kepada Otorita IKN untuk melakukan pemungutan pajak khusus IKN dan pungutan khusus IKN di IKN Nusantara.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2022 tentang Pendanaan dan Pengelolaan Anggaran Dalam Rangka Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Negara serta Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara.

Jenis pajak khusus IKN yang dapat dipungut oleh Otorita IKN antara lain pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak alat berat, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan dan pajak rokok.

Kemudian, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan, pajak barang dan jasa tertentu, pajak reklame, pajak air tanah, pajak mineral bukan logam dan batuan, serta pajak sarang burung walet.

Jika disandingkan antara PP Nomor 17 tahun 2022 dengan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD), ada perbedaan tarif antara pajak kendaraan bermotor (PKB), bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan mineral bukan logam dan batuan (MBLB).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top