Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Aturan One Way di Jalur Pantura 6-8 Mei

One way diterapkan di Jalur Pantura pada 6-8 Mei 2022 guna mengantisipasi kepadatan lalin arus mudik Lebaran
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 06 Mei 2022  |  22:30 WIB
Menko PMK memantau pos pemantauan dan pos bersama mudik lebaran 2022 di Exit Tol Setono jalur Pantai Utara (Pantura) Pekalongan, Jumat (6/5/2022)  -  Humas Kemenko PMK
Menko PMK memantau pos pemantauan dan pos bersama mudik lebaran 2022 di Exit Tol Setono jalur Pantai Utara (Pantura) Pekalongan, Jumat (6/5/2022) - Humas Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan beberapa strategi untuk mengantisipasi puncak arus balik mudik Lebaran di jalur Pantura yang diprediksi akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

“Salah satunya itu penerapan one way. Maka dari itu masyarakat yang akan pulang dari kampung halaman diharapkan tidak menunggu puncak arus mudik. Agar perjalanan terasa lebih nyaman sampai ke kediaman masing-masing,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (6/5/2022).

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa saat penerapan one way, para Kapolres dan pemilik kewenangan diharapkan dapat merespons dan bertindak sesuai arahan Kakorlantas.

“Diantaranya ada dua, yakni pada saat one way itu load-nya luar biasa maka jalan dari Pekalongan ini tidak boleh masuk jalan tol. Atau sebaliknya apabila jalan one way di jalan tol itu padat karena suatu hal maka mereka yg ikut dalam one way itu dikeluarkan di beberapa kota di sekitaran one way diantaranya Pekalongan,” jelas Menhub.

Oleh karenanya, sambung Menhub, sosialisasi perlu disampaikan kepada Walikota, Dandim dan Kapolres di masing-masing Kab/Kota sepanjang jalur Pantura agar masyarakat sadar bahwa ada tindakan yang akan dilakukan secara force majeure jika sesuatu terjadi.

Menhub berharap, lalu lintas di tol Pekalongan berjalan lancar. Namun, jika kondisi di lapangan tidak sesuai harapan maka koordinasi antara Kakorlantas, kapolda, dan Kapolres harus berjalan baik guna mengambil langkah tertentu sebagai solusi. 

Selain itu, Menhub juga mengajak dan mengimbau para pemudik untuk tertib terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku, mengikuti pola rekayasa, dan melaksanakan instruksi petugas di lapangan.

Adapun, Menko PMK dan Menhub meninjau langsung pos pemantauan dan pos bersama mudik lebaran 2022 di Exit Tol Setono jalur Pantai Utara (Pantura) Pekalongan, Jumat (6/5/2022).

“Kami sengaja melakukan kunjungan ke Pekalongan untuk meninjau pergerakan yg ada di jalur Pantura. Kita lihat di pantura relatif lancar alhamdulillah, ini merupakan suatu ikhtiar kita bersama,” ujar Menko PMK.

Usai meninjau pos pemantauan di Exit Tol Setono jalur Pantai Utara (Pantura) Pekalongan, Menko PMK bersama Menhub langsung menuju stasiun Semarang Tawang menggunakan kereta api dari stasiun Pekalongan untuk meninjau arus balik dan penumpang kereta Matarmaja Jakarta - Malang.

Diberitakan sebelumnya, one way arus balik 365 kilometer dari GT Kalikangkung ke KM 47 resmi diberlakukan mulai pukul 14.00 WIB Jumat (6/5) siang. Rekasaya lalin ini diberlakukan hingga Minggu, 8 Mei 2022.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol macet lebaran Arus Balik kemenko pmk
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top