Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Daftar 20 Miliarder Dunia Versi Forbes 2022, Elon Musk Makin Tajir Melintir

Elon Musk mencatatkan kekayaan US$219 miliar, sementara harta Jeff Bezos sekitar US$171 miliar.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 08 April 2022  |  06:31 WIB
Ini Daftar 20 Miliarder Dunia Versi Forbes 2022, Elon Musk Makin Tajir Melintir
CEO Tesla Elon Musk. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di dunia pada tahun 2022 dengan total kekayaan US$12,7 triliun. Sekitar 1.000 miliarder bahkan mencatat kenaikan kekayaan dibanding tahun lalu.

Total terdapat 2.668 miliarder dari berbagai negara yang dirangkum oleh Forbes pada 2022, lebih sedikit 87 dibandingkan tahun lalu.

Mengutip Forbes, Jumat (8/4/2022), pengurangan paling banyak terjadi dari taipan Rusia seiring dengan invasi ke Ukraina dan puluhan lainnya dari China setelah para pendiri perusahaan teknologi dikekang oleh pemerintah.

Kendati sejumlah nama masih berada di urutan teratas, jumlah kekayaan taipan-taipan ini menurun sekitar US$400 miliar seiring dengan pandemi dan gejolak pasar.

Berikut adalah daftar 20 orang terkaya di dunia versi Forbes tahun 2022: 

1. Elon Musk

Pendiri perusahaan mobil listrik terbesar di dunia, Tesla Inc., dan armada luar angkasa SpaceX mencatatkan kekayaan US$219 miliar. Belum lama ini dia juga mengakuisisi 9,2 persen saham Twitter Inc.

2. Jeff Bezos

Raksasa e-commerce Amazon pada 1994 berawal dari sebuah garasi di Seattle. Total kekayaan Bezos mencapai US$171 miliar.

3. Bernard Arnault dan keluarga

Arnault mengelola brand fesyen blue chip LVMH yang membawahi 70 merek fesyen dan kosmetika, termasuk Louis Vuitton dan Sephora. Dia menyimpan kekayaan senilai US$158 miliar.

4. Bill Gates

Orang kaya lama di Amerika Serikat ini telah meraup keuntungan dari perusahaan perangkat lunak Microsoft hingga berbagai portofolio investasinya di berbagai sektor termasuk energi nol karbon. Total kekayaannya mencapai US$129 miliar.

5. Warren Buffett

Dikenal sebagai peramal dari Omaha, investor veteran berumur 91 tahun ini mengoleksi sejumlah portofolio bernilai seperti Bank of America, Apple, Coca-Cola, Kraft Heinz dan masih banyak lagi. Total kekayaannya mencapai US$118 miliar.

6. Larry Page

Salah satu pendiri perusahaan teknologi terbesar Google ini telah mundur dari jabatan CEO di perusahaan induk, Alphabet pada 2019. Total kekayaannya mencapai US$111 miliar.

7. Sergey Brin

Mitra Larry Page ini telah mundur dari jabatan presiden Alphabet pada 2019 dan tetap menjadi pemegang saham dan dewan perusahaan. Total harta kekayaannya mencapai US$106 miliar.

8. Larry Ellison

Pendiri, chairman, dan chief technology officer korporasi teknologi komputer di Texas, Oracle Corporation ini berhasil mencatatkan kekayaan US$106 miliar.

9. Steve Ballmer

Dia pernah menjabat sebagai CEO Microsoft pada 2000 - 2014. Ballmer juga memiliki tim basket L.A. Clippers. Total kekayaannya US$91,4 miliar.

10. Mukesh Ambani

Orang terkaya di Asia ini merupakan pewaris dari Reliance Industries yang bisnisnya telah menggurita di berbagai sektor seperti petrokimia, minyak, gas, telekomunikasi, dan ritel. Total kekayaannya mencapai US$90,7 miliar

11. Gautam Adani dan keluarga

Raksasa infrastruktur milik Adani Group termasuk pelabuhan terbesar Mundra. Dia merupakan produsen batu bara terbesar di negaranya. Total kekayaannya mencapai US$90 miliar.

12. Michael Bloomberg

Dia merupakan orang dibalik berdirinya perusahaan media Bloomberg LP pada 1981. Dia juga pernah menjabat sebagai Walikota New York pada 2002-2013 dan pernah mencalonkan diri sebagai presiden AS pada 2020. Total kekayaannya mencapai US$82 miliar.

13. Carlos Slim Helu dan keluarga

Orang terkaya dari Meksiko menguasai América Móvil, perusahaan telekomunikasi terbesar di Amerika Latin dengan total kekayaan US$81,2 miliar.

14. Francoise Bettencourt Meyers dan keluarga

Dia adalah cucu dari pendiri L'Oreal asal Prancis. Dengan total kekayaan US$74,8 miliar, menjadikannya wanita terkaya di dunia.

15. Mark Zuckerberg

Salah satu pendiri media sosial terbesar Facebook dan masih menjabat sebagai kepala eksekutif perusahaan induk Meta Platform. Dia telah meraup kekayaan hingga US$67,3 miliar.

16. Jim Walton

Dia adalah putra termuda pendiri grup Walmart, Sam Walton. Sekitar separuh dari peritel terbesar di dunia ini dikendalikan oleh keluarga Walton. Kekayaannya mencapai US$66,2 miliar.

17. Zhong Shanshan

Dia merupakan bos dari perusahaan air minum dalam kemasan Nongfu Spring yang terdaftar di Hong Kong pada September 2020. Dia juga merupakan pemegang saham perusahaan vaksin dan alat tes hepatitis Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise. Total kekayaannya mencapai US$65,7 miliar.

18. Alice Walton

Satu-satunya putri Sam Walton ini mewarisi kerajaan Walmart bersama tiga kakak laki-lakinya. Kekayaannya mencapai US$65,3 miliar.

19. Rob Walton

Putra sulung keluarga Walton ini memiliki total kekayaan mencapai US$65 miliar.

20. Changpeng Zhao

CEO perusahaan bursa aset kripto terbesar di dunia, Binance ini menyimpan kekayaan senilai US$65 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang terkaya warren buffett orang terkaya forbes jeff bezos elon musk

Sumber : Forbes

Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top