Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanam Jagung di Sorong, Jokowi Minta Produktivitas Pertanian Ditingkatkan

Jokowi menyebut di Papua Barat terdapat 11.000 hektare lahan tanaman jagung serta 7 juta hektare untuk tanaman pangan dan hortikultura lainnya.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 04 Oktober 2021  |  09:49 WIB
Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Domine Eduard Osok, Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (3/10/2021) - BPMI Setpres - Kris.
Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Domine Eduard Osok, Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (3/10/2021) - BPMI Setpres - Kris.

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung lokasi penanaman jagung di Sorong, Papua Barat, Senin (4/10/2021).

“Papua Barat memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai daerah produsen utama komoditas pertanian di Indonesia timur,” kata Jokowi dikutip dari YouTube Setpres, Senin (4/10/2021).

Jokowi menyebutkan bahwa di Provinsi Papua Barat terdapat 11.000 hektare lahan tanaman jagung serta 7 juta hektare untuk tanaman pangan dan hortikultura lainnya.

Namun, dari total lahan tersebut baru dimanfaatkan secara maksimal sebesar 33 persen.

“Karena itu saya sudah meminta kepada Menteri Pertanian, Gubernur Papua Barat, untuk meningkatkan lagi produktivitas pertanian yang ada di Kabupaten Sorong, kabupaten lainnya di provinsi Papua Barat,” ujarnya.

Kepala Negara juga meminta agar dilakukan peningkatan kapasitas produksi melalui perubahan sistem tanam yang semula sekali setahun menjadi dua kali, hingga tiga kali dalam setahun.

Jokowi berharap agar petani milenial diberikan kesempatan menjadi motor penggarak di sektor pertanian karena sudah diberikan pelatihan di Kementerian Pertanian.

“Sebanyak 800 petani dan ditargetkan kurang lebih 2.000 petani [diberi pelatihan]. Saya yakin jika mereka diberi kepercayaan, akan mampu menciptakan ketahanan pangan utamanya di provinsi Papua Barat dan nanti di seluruh Tanah Air,” ungkap Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta juga melihat penggunaan teknologi pertanian, akses permodalan bagi petani, hingga irigasi akan meningkatkan produktivitas di sektor pertanian Papua Barat.

Adapun, dalam kunjungan kali ini, Presiden Jokowi Turut didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin, serta Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi jagung pertanian Papua Barat
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top