Mempermudah Pengelolaan Data untuk Mendorong Kinerja Bisnis

Penerapan work from home kian menambah tantangan bagi bisnis dalam mencari cara untuk bisa mengelola lebih banyak data dari berbagai sumber yang juga lebih beragam untuk membangun keunggulan kompetitif
Gambar: dok. Mega Buana Teknologi
Gambar: dok. Mega Buana Teknologi

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 dan penerapan work from home untuk menekan potensi penyebaran virus tersebut kian menambah tantangan bagi bisnis dalam mencari cara untuk bisa mengelola lebih banyak data dari berbagai sumber yang juga lebih beragam untuk membangun keunggulan kompetitif. Melalui solusi solusi Oracle Database Appliance, MBT bisa membantu Anda mengatasi tantangan tersebut.

Saat ini, kemampuan mengelola dan menggunakan data makin krusial bagi bisnis untuk membangun keunggulan kompetitif. Namun merebaknya pandemi Covid 19 dan kemudian penerapan work from home yang dilakukan perusahaan untuk menekan laju penyebaran virus tersebut menambah tantangan bagi perusahaan dalam mengelola data.

Adalah meningkatnya data, baik dari sisi volume, kecepatan maupun ragamnya yang dihasilkan setiap menit dari berbagai layanan dan aplikasi. Apalagi data yang dihasilkan itu bisa berupa data terstruktur, semi terstruktur, atau tidak terstruktur dan tersimpan dalam format berbeda yang tidak dapat dengan mudah diintegrasikan sehingga menjadikan perusahaan semakin sulit untuk mengelola dan mengambail manfaat dari data tersebut.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, perusahaan saat ini memiliki pilihan untuk menggunakan sistem manajemen basis data relasional (Relational Database Management System atau RDBMS).

Namun penggunaan RDBMS ini pun juga membawa tantangan tersendiri mulai urusan deployment, konfigurasi, pengelolaan, hingga kinerjanya yang berpotensi pada peningkatan biaya operasional dari sisi pembelian hardware hingga waktu yang dibutuhkan karyawan untuk dapat menjalankan sistem tersebut dengan baik-termasuk peluang terjadinya human-error seperti kesalahan selama proses konfigurasi dan sebagainya. Ini semua akan sangat berpengaruh pada kinerja bisnis maupun produktivitas dari karyawan.

Daripada terbebani dengan sejumlah potensi tantangan baru tersebut, perusahaan bisa memilih alternatif lain, yaitu menggunakan preconfigured system yang dibuat khusus untuk RDBMS seperti Oracle Database Appliance. Kelebihannya, waktu yang dibutuhkan untuk proses instalasi dan konfigurasi dengan software RDBMS hingga infrastruktur TI serta berbagai potensi human-error selama proses itu bisa diminimalkan dan dialihkan untuk hal lain yang lebih strategis.

Hal ini dimungkinkan karena Oracle Database Appliance merupakan engineered system-sistem yang mengintegrasikan server, storage, networking dan software serta dirancang khusus untuk bekerja dengan software database.

Soal kinerja Oracle Database Appliance, fakta telah berbicara. Berdasarkan studi firma International Data Corporation (IDC) dengan responden perusahaan-perusahaan yang telah menggunakan Oracle Database Appliance diberbagai negara terungkap bahwa penggunaan solusi ini telah meningkatkan kinerja, kelincahan, dan kehandalan lingkungan database dan aplikasi perusahaan dalam mendukung bisnis beroperasi.

Dengan hasil peningkatan 50% terhadap load time, 38% peningkatan recovery time, dan 34% peningkatan transaction rate. Sementara untuk ROI (Return of Investment), IDC memproyeksikan rata-rata dalam 5 tahun pengguna Oracle Database Appliance sebesar 498% dan penghematan biaya operasional sekitar 54%.

Bagaimana perusahaan di Indonesia bisa mendapatkan Oracle Database Appliance dan memperoleh berbagai keunggulan yang ditawarkannya? Pilihlah value added distributor yang berpengalaman dan memiliki engineer bersertifikat international serta berani memberikan jaminan layanan dukungan 24/7, yaitu PT. Mega Buana Teknologi (MBT).

"Keunggulan MBT sebagai value added distibutor dibanding distributor Oracle lainnya adalah merupakan bagian dari CTI Group yang telah hampir 2 dekade menjadi mitra Oracle di Indonesia," kata Yuwono Pranata, CEO Mega Buana Teknologi. 

MBT juga berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada para pengguna Oracle Database Appliance di Indonesia melalui penyediaan engineer-engineer bersertifikat international serta layanan dukungan 24 jam sepanjang 7 hari nontstop untuk memastikan implementasi Oracle Database Appliance dilingkungan infrastuktur TI, perusahaan dapat berlangsung sesuai plan tanpa berbagai kendala dan gangguan.

Promo Menarik dari Mega Buana Teknologi

Berdasarkan prediksi dari IDC, pemanfaatan RDBMS diperkirakan akan mencapai lebih dari 80% dari total pasar operasional database hingga tahun 2022. Hal itu sangat beralasan mengingat semakin strategisnya data sebagai komponen paling penting untuk membangun keunggulan kompetitif perusahaan.

Untuk mempermudah perusahaan-perusahaan di Indonesia mengadopsi Oracle Database Appliance, mulai tanggal 1 Juni hingga 31 Desember 2021, MBT menawarkan promo menarik bagi para pelanggan yang ingin menggunakan solusi hardware Oracle.

Dengan membeli solusi hardware Oracle senilai Rp2,5 Milyar, pelanggan akan berkesempatan mendapatkan satu unit MacBook Air dan satu unit Honda PCX untuk setiap pembelian senilai Rp 3 Milyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper