Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpangnya Anjlok 60 Persen, PO Sumber Alam Minta Pemerintah Bangun Sentra Vaksinasi di Terminal

Keberadaan sentra vaksinasi di seluruh Terminal Tipe A di masing-masing kabupaten bertujuan agar penumpang yang hendak melakukan perjalanan tidak terganjal aturan vaksinasi.
Petugas memeriksa suhu tubuh dari pemudik saat tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu (15/5/2021)./Antara
Petugas memeriksa suhu tubuh dari pemudik saat tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu (15/5/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahaan Otobus (PO) Sumber Alam mengaku kehilangan penumpang hingga 60 persen selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Pemilik PO Sumber Alam Anthony Steven Hambali mengatakan bahwa penurunan jumlah penumpang tersebut sangat berdampak besar terhadap pendapatan sektor angkutan darat.

“Bila dibandingkan dengan sebelum PPKM, penumpang kami drop 60 persen,” katanya kepada Bisnis, Minggu (25/7/2021).

Dia berharap, adanya kebijakan pemerintah yang berpihak pada sektor transportasi darat. Selain itu dia juga meminta adanya sentra vaksinasi di seluruh Terminal Tipe A di masing-masing kabupaten agar penumpang yang hendak melakukan perjalanan tidak terganjal aturan vaksinasi.

“Harapannya ada kebijakan yang berpihak pada transportasi darat, seperti transportasi udara. Sediakan sentra vaksin di Terminal Tipe A di tiap kabupaten. Jadi penumpang tidak terganjal aturan vaksin,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk menyediakan sebanyak 10.000 dosis vaksin bagi para mitra perhubungan di 12 Terminal Tipe A yang tersebar di Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi memerinci ke-12 Terminal Tipe A tersebut adalah Terminal Leuwipanjang Bandung, Terminal Guntur Garut, Terminal Indihiang Tasikmalaya, Terminal Pakupatan Serang, Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Arjosari Malang, Terminal Gayatri Tulungangung, Terminal Kertonegoro Ngawi, Terminal Purabaya Surabaya, Terminal Pulogebang Jakarta Timur, dan Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur.

Sementara itu, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah menargetkan sebanyak 3.100 pelaku transportasi menerima vaksin Covid-19 pada kegiatan vaksinasi Covid-19 Dosis 2 di Terminal Jatijajar Depok.

Kepala BPTJ Polana B. Pramesti mengatakan, pada vaksinasi tahap pertama, dari target 3.000 peserta terpenuhi sebanyak 2.360 masyarakat yang memanfaatkan layanan vaksinasi di Terminal Jatijajar tersebut.

Dia berharap untuk kegiatan vaksinasi dosis 2, jumlah peserta dapat memenuhi target yang telah ditetapkan. Kegiatan vaksinasi ini dilakukan untuk dapat mempercepat pencapaian target pembentukan kekebalan komunitas di seluruh lapisan masyarakat.

Menurutnya, kegiatan vaksinasi bagi para pelaku sektor transportasi memiliki peranan penting. Mengingat dengan persyaratan yang ketat, layanan sektor transportasi masih harus berjalan untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam bermobilitas, khususnya yang bergerak pada sektor kritikal dan esensial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper