Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Karet & Plastik Taiwan Bagikan Solusi Ramah Lingkungan

Lima perusahaan Taiwan membagikan serangkaian produk berteknologi canggih di industri karet dan plastik dengan solusi ramah lingkungan.
Acara Webinar Bertajuk Shaping Tomorrow Discovery Taiwan Plastic & Rubber Machinery./Istimewa
Acara Webinar Bertajuk Shaping Tomorrow Discovery Taiwan Plastic & Rubber Machinery./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring dengan meningkatnya kesadaran lingkungan, tingkat produksi dan daur ulang limbah plastik yang efisien telah menjadi isu terpenting dalam industri plastik dan karet di dunia.

Menanggapi tren ini, industri karet dan plastik Taiwan melalui lima perusahaan terdepan membagikan serangkaian produk berteknologi canggih dalam webinar yang bertajuk Shaping Tomorrow, Discovering Taiwan & Plastic & Rubber Machinery Webinar.

Dalam acara yang diadakan pada Jumat (6/5/2021), kelima perusahaan terkemuka industri plastik dan karet Taiwa, yakni Allen Plastic, ChumPower, Fu Chun Shin, Multiplas, dan Polystar membagikan solusi manufaktur cerdas mereka dengan dukungan dari Bureau Perdagangan Luar Negeri (BOFT), MOEA, Taiwan, ROC, dan Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan (TAITRA), dalam hubungannya dengan Asosiasi Industri Mesin Taiwan (TAMI).

Bush Hsieh, Vice Chairman of Plastic and Rubber Machinery Committee, the Taiwan Association of Machinery Industry (TAMI) menyatakan dalam pembukaan bahwa sebagai salah satu dari enam besar negara pengekspor mesin plastik dan karet di dunia, Taiwan diakui atas teknologinya yang canggih dan layanan jual berkualitas tinggi. Melalui upaya pemerintah dan pelaku industri, industri permesinan Taiwan masih memiliki kinerja yang baik selama periode pasca pandemi Covid-19.

Statistik terbaru menunjukkan bahwa nilai ekspor industri permesinan Taiwan  sebesar US$2,9 miliar pada Maret 2021, naik 30,7 persen dibandingkan dengan Maret 2020.

Tampil sebagai pembicara pertama adalah Celina Lin, Sales Representative dari Allen Plastic Industries Co., Ltd. Perusahaan yang telah berdiri sejak 1980 ini memperkenalkan produk andalan mereka, yaitu Horizontal Shrink Sleeving Machine (AHL-1000), yang cocok untuk ukuran wadah plastik dari diameter 8mm hingga 30mm. Produk-produk seperti lipstik, eyeliners, dan pensil alis dapat diposisikan dalam 0,5 detik berkat sistem pemosisian putar yang sangat akurat.

Selain mesin tersebut, Allen Plastic juga memperkenalkan Automatic Shrink Sleeving Machine (ASL-1000 dan ASL-2000) yang mudah diintegrasikan dengan berbagai tipe mesin pengemasan dan bisa diterapkan untuk botol kemasan dengan ukuran posisi lebar dan label yang bervariasi.

Tony Wu, Sales Support Engineer dari ChumPower Machinery Corp menyatakan, perusahaan ini telah berdiri selama 40 tahun dan dalam kesempatan kali ini ChumPower memperkenalkan High speed stretch blow molding machine: L-Series, sebuah Shaping Tomorrow: Discovering Taiwan’s Plastic & Rubber. Mesin cetak plastik dengan peregangan berkecepatan tinggi yang memiliki kapasitas output hingga 24.000 botol per jam.

Mesin ini mengadopsi tiga metode, yang pertama adalah metode untuk mencetak botol dengan ukuran awal yang ringan. “Dengannya, Anda bisa mendapatkan hasil cetak dari sebuah botol berukuran 200ml, dan berat 4,3g. Menghemat biaya bahan mentah bahkan hingga US$300.000, dan energi pemanas 14 persen,” ujarnya.

Metode kedua adalah penggunaan oven pemanas yang mampu mendapatkan kelebaran pitch hingga 38mm. Metode ini memungkinkan Anda untuk memanaskan jumlah preform yang lebih banyak dibandingkan dengan sistem 50mm. Membuatnya 33 persen lebih hemat ruang dalam memanaskan semua preform.

Metode ketiga yaitu penggunaan sistem pemulihan udara. Alih-alih membuangnya sepenuhnya ke atmosfer, sebagian dari udara tersebut dapat dialihkan ke tangki pemulihan dan disimpan untuk penggunaan lain. Udara botol yang tersisa kemudian dibuang ke lingkungan. Sebuah metode yang dapat membantu mencapai tingkat pemulihan hingga 15 persen.

Hank Wu, Sales Manager dari Fu Chun Shin Machinery Manufacture Co., Ltd. (FCS), salah satu perusahaan pelopor pabrik mesin injeksi dan peleburan plastik di Taiwan. Dalam seminar kali ini, FCS merilis dua produk andalan terbaru mereka yakni Intelligent and advanced servo hydraulic IMM/FA Series dan iMF4.0 Intelligent ManuFactory/ iMF4.0.

Untuk produk yang pertama, FCS meningkatkan output motor servo seri FA dari 57kw menjadi 71,9 kw, mengoptimalkan tekanan sistem &160 Bar untuk meningkatkan respons injeksi, meningkatkan ukuran pelat sebesar 10,7 persen, dan memperkuat kekuatan pelat sebesar 30 persen, memungkinkan pelanggan untuk menjalankan mesin dengan lebih banyak aplikasi. Adapun, iMF 4.0 (Intelligent ManuFactory) dapat  dipasang pada mesin cetak injeksi dan dapat secara independen menyesuaikan dan mengontrol parameter kualitas berdasarkan informasi di sekitarnya.

Mesin ini dilengkapi dengan aliran air, dan sistem kontrol viskositas leleh, yang memungkinkan untuk memantau volume, aliran air dan viskositas yang benar pada rongga yang berbeda, yang secara otomatis mengkompensasi cacat produk berupa short shot dan flash.

Sistem juga dapat merekam durasi di antara operator yang berbeda sehingga manajer pabrik dapat menentukan SOP untuk menyatukan waktu perubahan cetakan standar / waktu siklus untuk menstabilkan efisiensi.

Perusahaan keempat yang turut serta dalam perhelatan webinar Shapping Tommorow adalah Multiplas Enginery Co. Ltd. , diwakili David Wu selaku General Manager. Perusahaan yang terkenal akan  keahliannya dalam memberikan sistem peleburan bahan baku plastik dan rubber sejak 1988, memperkenalkan Fully Automatic Production Cell dan Unman Screwdriver Production Line. Ini adalah sistem produksi yang mengintegrasikan mesin cetak injeksi vertical/horizontal, robot 6 sumbu, dan alat bantu untuk mencapai produksi otomatis sepenuhnya.

Sebagai penyedia solusi total terkemuka, Multiplas menawarkan solusi pencetakan serbaguna, mulai dari Cetakan Injeksi Vertikal, Cetakan Injeksi Mikro, Cetakan Injeksi Multi-Warna, dan teknologi pengembangkan sistem cetak injeksi pintar untuk pelanggan di seluruh dunia di bidang kelistrikan, otomotif, dan industri olahraga dengan reputasi luar biasa.

Kliennya termasuk Bosch, Black & Decker, Johnson & Johnson, 3M, Panasonic, Hitachi, Daikin, Foxconn, Asus, Nike, Callaway.

David Lo, CMO, dari Polystar Machinery Co. Ltd menyatakan bahwa pengembangan bisnis daur ulang menjadi lebih penting karena isu perlindungan lingkungan global, dan dia berbagi topik mengenai Daur Ulang Menjadi Sederhana; untuk membantu bisnis menjalankan ekonomi sirkular.

Berdiri sejak 1988, Polystar sudah lama fokus akan produk berteknologi terkini yang ramah lingkungan, mudah digunakan dan mampu menghasilkan bahan reproduksi limbah yang berkualitas. Limbah film pasca-industri / pabrik yang bersih dapat dimasukkan ke produk andalan terbaru mereka yakni, Repro-Flex untuk mendapatkan kualitas pelet daur ulang yang unggul, yang dapat dicampur dengan bahan dasar lainnya untuk mereproduksi produk yang berkualitas baik.

Kemampuan mesin Repro-Flex dapat menghemat biaya pembelian bahan baru dan mengurangi limbah, meningkatkan 20 persen output dan menurunkan konsumsi daya 10 persen. Bahan pemrosesan yang bisa didaur ulang di mesin ini termasuk gulungan film PE / PP, sisa tas, peregangan / penyusutan dan lembaran film gelembung; Repro-ONE dapat mengolah struktur padat (karung anyaman / tali rafia / lakban) dan material yang sulit diregangkan. Konsumsi daya rata-rata hanya 0,28- 0,35 kw/kg; sementara Repro-PLUS dilengkapi dengan automatic melt filter yang canggih sehingga dapat melakukan efisiensi filtrasi terbaik, yang dapat digunakan untuk mengolah limbah pasca konsumen yang mengandung label kertas, minyak kotor, debu, dll.

Shaping Tomorrow: Discovering Taiwan’s Plastic  Rubber Machinery Webinar telah menarik lebih dari 265 penonton daring di seluruh dunia, seperti Mesir, Jerman, India, Indonesia, Jepang, Filipina, Thailand, Turki, Vietnam, Inggris, dan Nigeria. Setelah Shaping Tomorrow: Discovering Taiwan’s Plastic & Rubber Machinery, TAITRA juga akan menggelar, acara lain bertajuk, TaipeiPLAS yang akan diadakan mulai 28 September hingga 2 Oktober 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper