Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi pembangunan perumahan untuk kelas menengah./Bisnis.com - Paulus Tandi Bone
Premium

Bunga Kredit Properti Mulai Turun? Begini Kondisi Versi Developer

06 Mei 2021 | 18:16 WIB
Bank Indonesia mengungkapkan bahwa perbankan mulai menurunkan kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA). Meski demikian kalangan pengembang masih memberikan masukan untuk semakin mengondusifkan bisnis properti.

Bisnis.com, JAKARTA – Kalangan pengembang menyebutkan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA) mulai menurun, tetapi belum sejalan dengan BI7DRR. Sementara itu, tingkat bunga kredit konstruksi pun belum sesuai dengan harapan.

Sebelumnya Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menyatakan bunga kredit pemilikan rumah (KPR) yang diberlakukan perbankan sudah menurun selama 2 bulan terakhir sejalan dengan kebijakan BI untuk meminta perbankan melakukan transparansi atas suku bunga kredit.

Ketua Umum DPP Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida menuturkan beberapa bank telah menurunkan suku bunga KPR dan KPA mengikuti BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR).

"Untuk KPR dan KPA bunga kreditnya sudah turun. Tapi bukan hanya KPR dan KPA saja [yang perlu turun], tetapi juga kredit konstruksi, ini penting. Kalau bunga kredit konstruksinya enggak turun, akan susah buat pengembang," ujarnya kepada Bisnis pada Kamis (6/5/2021).

Dia berharap para perbankan juga dapat menurunkan besaran bunga kredit konstruksi agar para pengembang bisa kembali membangun proyek properti.

Indikasi Positif

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top