Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka Esok, Kuota Dipatok 600.000 Peserta

Para pendaftar program batch 13 yang belum berhasil, maka bisa mempersiapkan untuk batch 14 yang akan dibuka besok.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 10 Maret 2021  |  16:17 WIB
Kolom pendaftaran pada laman prakerja.go.id, Sabtu (8/8/2020). Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 untuk menekan angka pengangguran dengan kuota untuk 800 ribu orang.  - ANTARA
Kolom pendaftaran pada laman prakerja.go.id, Sabtu (8/8/2020). Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 untuk menekan angka pengangguran dengan kuota untuk 800 ribu orang. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang (batch) 14 esok hari, Kamis (11/3/2021) pada pukul 12.00 WIB.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari juga mengatakan para pendaftar program batch 13 yang belum berhasil, maka bisa mempersiapkan untuk batch 14 yang akan dibuka besok.

“Sobat Prakerja yang belum berhasil di gelombang 12 atau 13 jangan berkecil hati. Cukup satu klik join batch 14 agar bisa gabung seleksi gelombang 14,” jelas Denni, Rabu (10/3/2021).

Dia mengatakan terdapat 1.700 pelatihan yang disediakan sebagai fasilitas di program Kartu Prakerja, a.l. teknologi informasi, sosial perilaku, keuangan, penjualan dan pemasaran, gaya hidup, manajemen, bahasa, makanan dan minuman, teknik, perkantoran, dan pertanian.

Pada 2021, Kementerian Keuangan mengalokasikan anggaran untuk Kartu Prakerja dalam kategori perlindungan sosial sebesar Rp20 triliun. Sebanyak Rp10 triliun akan disalurkan ke program Kartu Prakerja per semester atau enam bulan.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin menyebut sebanyak 53,3 juta orang mendaftar program Kartu Prakerja dari total 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia sejak 2020.

Sedangkan, terdapat 12 batch penerima kartu yang telah digulirkan selama 2020. Sebanyak 5,3 juta penerima Kartu Prakerja telah mendapatkan dengan insentif sebesar Rp13,35 triliun.

“Program Kartu Prakerja di [tahun] 2020 mencapai hasil yang cukup memuaskan,” jelas Rudy dalam dialog virtual dengan topik ‘Perkembangan Program Kartu Prakerja’, Rabu (10/3/2021).

Meski begitu, dia menyebut masih ada sisa dana insentif untuk penerima Kartu Prakerja di 2020 yang masih akan disalurkan di awal 2021 ini.

Salah satu program bantuan pemerintah ini melibatkan sejumlah mitra kerja yaitu 5 mitra pembayaran, 7 platform digital, 4 institusi pendidikan, 3 platfrom portal pekerjaan, serta 165 lembaga pelatihan.

Prioritas penerima Kartu Prakerja ini masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu untuk masyarakat yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi, pekerja sektor wisata yang terdampak pandemi, dan calon pekerja migran yang nantinya masih akan dibahas di semester II/2020.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendaftaran
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top