Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Raih Bisnis Indonesia Award 2020, Ini Profil Singkat Elnusa

Elnusa yang didirikan sejak 25 Januari 1969 itu memosisikan diri sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa energi yang terintegrasi untuk memberikan solusi total.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 14 Desember 2020  |  18:28 WIB
Kru Kapal Elsa Regent milik PT Elnusa Tbk (ELSA) yang digunakan untuk survei seismik 2D dengan menggunakan teknologi 2D seismic marine broadband dan dikerjakan oleh single operator. Istimewa - Pertamina
Kru Kapal Elsa Regent milik PT Elnusa Tbk (ELSA) yang digunakan untuk survei seismik 2D dengan menggunakan teknologi 2D seismic marine broadband dan dikerjakan oleh single operator. Istimewa - Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA — PT Elnusa Tbk. meraih penghargaan dalam ajang Bisnis Indonesia Award 2020 untuk kategori perusahaan publik yang bergerak di sektor pertambangan minyak dan gas bumi. 

Perusahaan yang didirikan sejak 25 Januari 1969 itu memosisikan diri sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa energi yang terintegrasi untuk memberikan solusi total.

Pada segmen hulu migas, Elnusa merupakan pelopor sejak 1972 dalam mendukung kegiatan survei seismik darat, zona transisi dan laut di Indonesia. Cakupan wilayah survei seismik yang telah dilakukan merupakan yang terbesar di Indonesia. Berbekal kompetensi dan pengalaman, Elnusa telah mendukung berbagai kegiatan eksplorasi kontraktor kontrak kerja sama (KKKS), SKK Migas dan pemerintah.

Dalam kegiatan produksi hulu migas juga telah berkontribusi aktif dalam melakukan pengeboran di lebih dari 63 sumur Vico Indonesia atau yang sekarang dialihkan kepada Pertamina Hulu Kalimantan Timur dan Sangasanga. Jasa electric wireline logging yang merupakan bagian dari produksi hulu migas juga telah lebih dari 30 tahun memberi pelayanan kepada Pertamina Grup.

Masih pada segmen hulu migas, melalui layanan dalam kegiatan operation & maintenance, Elnusa juga memiliki kompetensi yang cukup unggul dalam pekerjaan decommissioning meskipun ini merupakan pengalaman pertama, Elnusa berhasil mendukung PHE–ONWJ dalam menyelesaikan Project Decommissioning Platform YYA Removal. 

Sementara itu, dari segmen distribusi dan logistik energi, Elnusa kini mengelola 49 terminal BBM, menjadi operator distribusi BBM nasional termasuk mendukung tercapainya BBM satu harga di wilayah Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, Bali, Nusa Tenggara, dan wilayah Indonesia bagian timur lainnya.

Hingga kuartal III/2020, emitan berkode saham ELSA itu mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp5,76 triliun, laba bruto Rp614 miliar, laba operasi Rp376 miliar dan laba bersih Rp187 miliar.

Dari sisi operasional, beberapa proyek besar yang mendukung pertumbuhan antara lain rampungnya pekerjaan survei seismik 2D Komitmen Kerja Pasti Jambi Merang, serta peningkatan produktivitas hydraulic workover unit & electric wireline logging.

Pada segmen jasa distribusi dan logistik energi, jasa transportasi BBM dan trading BBM Inmar mendapatkan sedikit tekanan. Namun, pertumbuhan penjualan chemical & lubricant membuat segmen ini tetap stabil.

Sementara itu, jasa penunjang menunjukkan performa baiknya. Jasa pendukung marine serta fabrikasi peralatan migas berhasil tumbuh signifikan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

elnusa Bisnis Indonesia Award
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top