Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Suasana sepi terlihat di Terminal IA Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020).  Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Premium

1 Tahun Jokowi-Ma'ruf: Keselamatan Sahih, Keuangan Maskapai Tertatih

20 Oktober 2020 | 19:00 WIB
Selama satu tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, berikut rangkuman mengenai kinerja sektor penerbangan nasional.

Bisnis.com, JAKARTA – Kinerja sektor penerbangan di era kepemimpinan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dalam 1 tahun terakhir ini sebenarnya tidak buruk.

Dari sisi keselamatan dan keamanan penerbangan, kinerja seluruh maskapai Tanah Air cukup bagus. Hal tersebut terbukti dengan nihilnya angka kecelakaan yang dialami maskapai dan telah ditegaskan oleh Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja.

Selama setahun pemerintahan Presiden Joko Widodo banyak aturan yang diterbitkan terkait dengan perpajakan hingga pembebasan aturan usia pesawat, serta sejumlah ketentuan yang diterbitkan bagi transportasi udara guna menyesuaikan diri selama masa pandemi.

Menurutnya, secara garis besar yang menonjol dan masih berlaku hingga saat ini adalah peringkat standar penerbangan Indonesia lewat ICAO dari yang sebelumnya selalu berada di bawah rata-rata yakni 155 mampu bertahan hingga peringkat 53. Standar keselamatan mencapai 80,43 poin dari total 190 negara.

Selain itu, Federal Aviation Administration (FAA) juga telah mengubah status standar keselamatan Indonesia naik menjadi kategori satu dari sebelumnya dua. Tak hanya itu Uni Eropa juga telah membuka registrasi PK bagi pesawat Indonesia untuk bisa masuk ke wilayahnya.

“Capaian-capaian itu, otomatis karena secara standar aturan yang diterapkan sudah selevel dengan internasional. Hampir pasti dan banyak aturan yang ditetapkan di Indonesia seperti yang diharapkan pelaku industri dalam hal kesetaraan perlakuan dengan maskapai asing,” jelasnya kepada Bisnis.com, Senin (19/10/2020) malam.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top