Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Penyebab Sektor Pertanian Tumbuh saat PDB Indonesia Kontraksi

Sektor pertanian mengalami pertumbuhan 2,19 persen yoy pada kuartal II/2020 karena ditopang sektor tanaman pangan yang tumbuh 9,23 persen
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  12:42 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) dan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (tengah) saat acara Gerakan Tanam Padi Serentak di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Pulang Pisau, Jumat (15/5 - 2020). ANTARA
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) dan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (tengah) saat acara Gerakan Tanam Padi Serentak di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Pulang Pisau, Jumat (15/5 - 2020). ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat lapangan usaha pertanian menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada kuartal II/2020 yang mengalami kontraksi sebesar -5,32 persen secara year on year (yoy).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto mengatakan hanya ada tiga lapangan usaha yang mencatatkan pertumbuhan positif, yakni pertanian, informasi dan komunikasi, serta pengadaan air.

Sektor pertanian mengalami pertumbuhan 2,19 persen yoy pada kuartal II/2020. Hal itu ditopang sektor tanaman pangan yang tumbuh 9,23 persen karena pergeseran masa panen raya.

"Ada pergeseran panen raya yang tahun lalu di maret, tahun ini di Aprll dan Mei masih panen raya, sehingga tanaman pangan tumbuh bagus," paparnya, Rabu (5/8/2020).

Selanjutnya, sektor kehutanan dan penebangan kayu, yang tumbuh 2,23 persen yoy, didorong oleh kinerja sektor hulu kehutanan untuk produksi kayu bulat hutan tanaman industri.

Adapun, sektor peternakan tertekan paling dalam, yakni -1,83 persen. Menurut Kecuk, hal itu terjadi karena penurunan permintaan unggas akibat tutupnya restoran saat masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bps Pertumbuhan Ekonomi pertanian
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top