Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Konsumen membawa barang yang telah dibeli menggunakan kantong plastik di salah satu minimarket di Pasar Baru, Jakarta, Minggu (21/2/2016). Pemerintah mulai menguji coba penerapan kantong plastik berbayar di ritel modern secara serentak di 17 kota Indonesia dengan pembayaran Rp200 per kantong plastik. - ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Premium

Larangan Kantong Plastik : Mulus di Ritel Modern, Terganjal di Pasar Tradisional

01 Juli 2020 | 18:35 WIB
DKI Jakarta akhirnya menerapkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai, terbilang terlambat dibandingkan daerah-daerah lain, per 1 Juli 2020. Bagaimana penerapannya?

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi memberlakukan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 per Rabu (1/7/2020). Regulasi ini berisi larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai di pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar tradisional.

Berdasarkan pantauan Bisnis, sejumlah gerai ritel modern di Jakarta memang sudah tampak menaati regulasi. Di Alfamart misalnya, gerai-gerai di kawasan Cilandak, Kemang Selatan, Matraman, Pancoran hingga Palmerah sudah tidak menyediakan kantong plastik.

Pun dengan swalayan lain seperti Family Mart, Indomaret, dan Circle K. Sebagai gantinya, minimarket-minimarket tersebut menyediakan kantong berbahan kain hasil daur ulang yang bisa dibeli pengunjung dengan harga mulai dari Rp5.000.

Beberapa pusat perbelanjaan modern seperti Giant dan Hypermart bahkan mengadakan promo diskon untuk pembelian kantong belanja berbahan kain.

“Tidak ada pilihan yang lain, karena memang dari atasan sudah ditekankan supaya jangan pakai kantong plastik lagi,” ujar Eni (36), salah seorang pramuniaga di Family Mart Cilandak.

Menurut Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), berjalan mulusnya penerapan Pergub Nomor 42 Tahun 2019 di gerai-gerai ritel modern tidak lepas dari sosialisasi masif yang mereka lakukan sejak jauh-jauh hari.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top