Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Proyek Strategis Nasional yang Pengadaan Lahannya Didanai LMAN

Alasan pengadaan lahan dari proyek-proyek strategis nasional tersebut dibiayai LMAN adalah karena merupakan infrastruktur untuk kepentingan publik.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  17:44 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan tol Serpong-Cinere di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan tol Serpong-Cinere di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Tidak semua pengadaan lahan pada proyek strategis nasional dibiayai oleh Lembaga Manajemen Aset Negara. Hanya PSN usulan Kementerian PUPR dan Kementerian Perhuhungan yang pengadaan lahannya dibiayai LMAN.

Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Qoswara mengatakan bahwa dana yang ada di lembaga itu dialokasikan untuk proyek strategis nasional (PSN) yang diusulkan oleh Kementerian PUPR dan Kemenhub.

"Jadi, objeknya jelas, ada jalan tol, bendungan, irigasi, ada pelabuhan, kereta api termasuk MRT [moda raya terpadu] di Jakarta dan bukan Palembang," ujarnya melalui live streaming, Rabu (3/6/2020).

Lebih lanjut, katanya, alasan pengadaan lahan dari proyek-proyek strategis nasional tersebut dibiayai LMAN adalah karena merupakan infrastruktur untuk kepentingan publik.

Berdasarkan catatan Bisnis, pemerintah baru saja merekomendasikan sebanyak 89 proyek menjadi PSN dari 245 usulan proyek yang masuk.

Artinya, dari 89 PSN tesebut terdapat 15 proyek jalan dan jembatan, 5 proyek bandara, 13 proyek bendungan dan irigasi, 1 proyek tanggul laut, 5 proyek pelabuhan, dan 6 proyek kereta api yang pengadaan lahannya menjadi tanggung jawab pemerintah melalui LMAN.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengadaan tanah LMAN
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top