Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Refund Tiket Kereta Akibat Banjir, 100 Persen Kembali

Banjir yang melanda daerah Jabodetabek pada hari ini, Selasa (25/2/2020) membuat perjalanan kereta api terganggu. PT Kereta Api Indonesia mengungkapkan masyarakat bisa mendapatkan pengembalian dana pembelian tiket hingga 100%.
Penumpang memasuki peron di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019)./ANTARA FOTO-Galih Pradipta
Penumpang memasuki peron di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019)./ANTARA FOTO-Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Banjir yang melanda daerah Jabodetabek pada hari ini, Selasa (25/2/2020) membuat perjalanan kereta api terganggu. PT Kereta Api Indonesia mengungkapkan masyarakat bisa mendapatkan pengembalian dana pembelian tiket hingga 100%.

Eva Chairunisa, Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, mengungkapkan pihaknya memberlakukan pembatalan tiket 3x24 jam bagi penumpang yang mengalami keterlambatan akibat banjir yang melanda DKI Jakarta dengan pengembalian hingga 100 persen secara tunai. 

"Atas keterlambatan yang terjadi, PT KAI Daop 1 Jakarta memberlakukan pembatalan tiket KA atau bea pengembalian khusus bagi penumpang yang ingin membatalkan perjalanannya," kata Eva dalam siaran pers pada Selasa (25/2/2020).

Dia mengungkapkan terdapat ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pengembalian bea khusus ini. 

Pertama, berlaku bagi penumpang keberangkatan KA dari Daop 1 Jakarta, baik yang terkena dampak banjir langsung maupun tidak langsung dengan jadwal keberangkatan pada tanggal 25 Februari 2020 mulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Kedua, pembatalan tiket/pengembalian bea dapat dilakukan maksimal 3 x 24 jam setelah jadwal keberangkatan kereta api.

ketiga, untuk proses pembatalan, calon penumpang wajib menyertakan bukti fisik tiket dan KTP atau kartu identitas lain yang asli dengan nama sesuai pada tiket

Keempat, pembatalan tiket hanya dapat dilakukan di loket stasiun 

"Untuk area Jakarta, bagi calon penumpang KA terdampak banjir yang ingin membatalkan tiket dapat melakukan pembatalan di stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota. Diluar area Jakarta pembatalan juga dapat dilakukan di Stasiun Bogor, bekasi, Cikampek, Rangkasbitung dan Serang. Atau bisa juga melalui stasiun online lainnya yang memungkinkan," katanya.

Tidak hanya itu, tiket yang dapat dibatalkan oleh penumpang juga termasuk tiket kembalinya atau pergi-pulang (PP), serta tiket lainnya yang memiliki sifat persambungan atas nama penumpang yang memiliki tiket KA keberangkatan wilayah Daop 1 Jakarta tanggal keberangkatan 25 Februari 2020. Misal, untuk perjalanan Gambir - Jember, maka tiket menyambung dengan KA selanjutnya akan digantikan.

PT KAI Daop 1 Jakarta, lanjutnya menghimbau kepada calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan tiket agar tidak lupa untuk membawa kartu identitas (KTP) asli sesuai dengan yang tertera di tiket, dan tiket atau struk resmi pembelian tiket. Kemudian langsung mengunjungi loket go show yang ada di stasiun untuk bea pengembalian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper