Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mentan : Berhenti Bicara Impor, Derajat Bangsa Kita Ada di Ekspor

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menginginkan berbagai pihak untuk menahan keinginan untuk mengimpor komoditas pangan.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo/Antara-Puspa Perwitasari
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo/Antara-Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menginginkan berbagai pihak untuk menahan keinginan untuk mengimpor komoditas pangan karena derajat bangsa juga terletak kepada seberapa besar dapat mengembangkan ekspor produk nasional.

"Berhenti bicara impor, derajat bangsa kita di ekspor," kata Syahrul Yasin Limpo dalam acara Pekan Perlindungan Varietas Tanaman di Jakarta pada Rabu (18/12/2019).

Namun, Mentan juga mengemukakan bahwa bukan berarti bahwa impor itu diharamkan. Dia menginginkan agar berbagai pemangku kepentingan termasuk peneliti dan pemulia bibit tanaman untuk dapat terus menghasilkan varietas unggulan yang layak untuk diekspor.

"Kami berharap ini tidak hanya gerakan pemerintah, tetapi gerakan bersama," kata Syahrul.

Negara ini, ujarnya, hanya akan kuat bila sektor pertanian nasionalnya juga dalam kondisi yang kuat. Apa pun ceritanya, lanjut Mentan, bila rakyat masih banyak yang kelaparan, suatu negara juga tidak akan maju. Untuk itu, Syahrul berpendapat bahwa pertanian memegang peranan inti yang sangat penting.

Dia juga menyatakan pangan yang baik dan sehat juga ke depannya dapat mengintervensi guna menghasilkan orang-orang dengan tingkat intelektualitas yang tinggi.

Mentan mengingatkan bahwa sejumlah negara di Asia Tenggara juga telah berhasil mendorong banyak ekspor komoditas pangan dari negara mereka.

Sebelumnya, Mentan mendorong para pengusaha khususnya di lini bisnis pertanian dapat mengembangkan produknya agar berorientasi ekspor agar bisa bersaing dengan negara lain di pasar dunia.

Pada pelepasan ekspor karkas dan olahan ayam ke Republik Demokratik Timor Leste di PT Japfa Comfeed Indonesia, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (8/12/2019), Mentan menegaskan bahwa saat ini Kementan pun terus berinovasi untuk menghasilkan produk yang sesuai standar negara tujuan ekspor sehingga target gerakan tiga kali ekspor (gratieks) bisa terealisasi dengan segera.

"Kementan mendorong agar perusahaan-perusahaan besar kita yang menggarap pertanian, tidak hanya berpikir bagaimana ketahanan nasional, tetapi bahkan produk-produk ekspor harus kita mampu berkompetisi dan bersaing dengan negara-negara lain," katanya.

Syahrul mengajak para pengusaha khususnya yang berada di Jawa Timur untuk mencari dan mengembangkan produk turunan dari satu komoditi pertanian yang bisa diekspor lebih bervariasi, sehingga turut menambah daya tarik konsumen mancanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper