Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Suasana di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (8/1/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Premium

Strategi Mal Hadapi Konsumen 'Kebal' Diskon

09 Desember 2019 | 18:48 WIB
Para pengelola mal harus kerja ekstra untuk bisa menarik pengunjung selain mengiming-imingi diskon.

Bisnis.com, JAKARTA — Pergeseran pola konsumsi masyarakat dan ketatnya persaingan antar mal memaksa pengelola mal untuk kreatif menarik pengunjung. Sekarang, pusat perbelanjaan pun lebih memilih menggelar event eksklusif ketimbang hanya menawarkan diskon.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan selain pesta diskon, pengelola mal dituntut untuk mampu menarik pengunjung lewat kegiatan menarik yang menyesuaikan dengan target atau segmentasi pengunjung yang disasar. Termasuk, dalam momentum Natal dan Tahun Baru seperti sekarang.

Menurutnya, pergeseran pola konsumsi masyarakat membuat mal tidak lagi dikunjungi semata untuk berbelanja.

“Sekarang masyarakat datang berkunjung ke mal tidak hanya berbelanja. Mereka mencari experience, entah itu untuk kuliner, hiburan, atau mungkin bersosialisasi,” tutur Ellen, akhir pekan lalu.

Dia menampik daya beli atau konsumsi masyarakat Indonesia sedang mengalami penurunan dan memengaruhi kunjungan serta penjualan produk-produk yang ada di mal. Ellen justru menilai kondisi perekonomian nasional sudah makin membaik didukung oleh stabilitas politik usai Pemilu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top