Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Sejumlah calon penumpang bus menunggu keberangkatan di Terminal Tipe A Mengwi, Badung, Bali, Minggu (26/5/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf
Premium

Jalur Udara Tak Lagi Jadi Primadona

02 Desember 2019 | 14:17 WIB
Mahalnya tiket pesawat membuat para pemudik diproyeksi lebih memilih menggunakan jalur darat dan laut untuk menghabiskan libur akhir tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA — Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, libur Natal dan Tahun Baru kali ini tampaknya tak akan menjadi musim panen bagi maskapai.

Harga tiket pesawat yang masih dianggap tinggi membuat masyarakat mencari alternatif moda transportasi lain yang lebih terjangkau untuk kebutuhan angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Pilihan pun jatuh ke transportasi darat dan laut. 

Kondisi ini jauh berbeda dibandingkan dengan keadaan beberapa tahun silam, ketika maskapai penerbangan bertarif rendah mulai booming. Kala itu, tidak sedikit pelaku usaha moda transportasi darat yang harus gigit jari karena kalah bersaing.

Jika biasanya maskapai sudah mulai mengajukan permohonan extra flight alias penerbangan tambahan, maka saat ini para maskapai lebih berhati-hati.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. misalnya, memilih untuk menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) yang dinilai lebih efisien dan efektif baik terhadap beban operasional maskapai maupun bagi bandara dibandingkan harus menambah penerbangan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top