Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (7/3/2018). - ANTARA/Nova Wahyudi
Premium

GASIFIKASI BATU BARA : Terantuk Skala Ekonomi

27 November 2019 | 17:45 WIB
“Saya mengajak kita semua untuk mulai memproses barang tambang kita ini menjadi barang setengah jadi atau barang jadi, sehingga negara kita memiliki nilai tambah dan multiplier effect yang besar.”

“Saya mengajak kita semua untuk mulai memproses barang tambang kita ini menjadi barang setengah jadi atau barang jadi, sehingga negara kita memiliki nilai tambah dan multiplier effect yang besar.”

Demikian pesan Presiden Joko Widodo di depan para pengusaha pertambangan dalam Indonesian Mining Association Award 2019 di hotel Ritz Carlton, pekan lalu. Menurutnya, langkah ini akan meningkatkan ekspor dan, mengurangi defisit transaksi berjalan pada neraca perdagangan. 

Presiden Jokowi acap kali memang mendorong agar pengusaha tambang batu bara untuk membangun penghiliran. Pada pidato kenegaraan 16 Agustus lalu, Jokowi juga mendorong penghiliran atau tepatnya gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME) untuk mengurangi impor LPG yang tiap tahun berkisar 5 juta ton. 

Namun sayangnya, pekerjaan menghilirkan emas hitam ini rupanya berjalan tersendat. Sejauh ini, baru dua proyek pionir gasifikasi batu bara skala komersial yang konstruksinya mulai berjalan. Keduanya dimotori oleh PT Bukit Asam Tbk. (PTBA).

Petugas beraktivitas di area Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Maumere di Sikka, Maumere, NTT, Senin (30/7). Pertamina melakukan pengembangan TBBM Maumere yang merupakan bagian dari 29 proyek stategis dengan total investasi Rp20 triliun yang bertujuan untuk memperkuat distribusi BBM dan LPG khususnya di wilayah timur Indonesia./ANTARA-Aprillio Akbar

Ketua Umum Indonesian Mining and Energy Forum (IMEF) Singgih Widagdo berpendapat sejauh ini kalangan industri pertambangan batu bara seolah menempatkan penghiliran sebatas sebagai wacana. Bahkan, hampir semua perusahaan pertambangan batu bara skala Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) menunggu PTBA berhasil dalam mengangkat proyek penghiliran batu bara menjadi DME. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top