Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi wisata memakai helikopter. - viatour.com
Premium

Untung Rugi Helikopter Terbang Malam

18 November 2019 | 14:20 WIB
Ketua Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja mengatakan pemerintah sudah melakukan uji terbang malam menggunakan kombinasi berbasis visual dengan berbasis pada instrumen.

Dalam waktu dekat, pemerintah segera menerbitkan beleid yang membolehkan helikopter terbang pada malam hari untuk tujuan komersial. Kegiatan ini tentu tidak lazim di Indonesia, lantaran terbang malam helikopter sebatas untuk kegiatan darurat. Motivasi para pebisnis dan pemerintah pun dipertanyakan.

Terlebih, infrastruktur radar yang mendukung pesawat bersayap putar ini mengudara belum merata di Indonesia. Keadaan ini dikhawatirkan akan mempersulit operator helikopter menomorsatukan keselamatan.

Namun, beberapa waktu lalu, pemerintah justru baru menyelesaikan uji coba terbang malam helikopter untuk tiga rute sehingga aktivitas terbang malam ini diharapkan bakal terwujud pada semester I/2020.

Ketua Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association/INACA) Denon Prawiraatmadja mengatakan pemerintah sudah melakukan uji terbang malam menggunakan kombinasi berbasis visual (visual flight rule/VFR) dengan berbasis pada instrumen (instrument flight rule/IFR).

Ketiga rute tersebut antara lain Bandara Soekarno-Hatta ke BSD Serpong, Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Halim Perdanakusuma, dan Bandara Soekarno-Hatta ke Stadion Gelora Bung Karno Senayan. Selanjutnya, uji coba akan dilakukan pada rute Bandara Soekarno-Hatta ke Bandung.

“Target approval untuk keperluan komersial pada semester awal 2020. Saat ini, kami dan kementerian juga masih menyempurnakan rute guna menyesuaikan kemampuan helikopter dengan faktor infrastruktur sekitar dan kondisi cuaca,” kata Denon, Minggu (17/11/2019).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top