Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di dekat Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Kamis (11/7/2019). - Bisnis/Himawan L Nugraha
Premium

Ketika Pekik Salam Satu Aspal Kian Lantang

13 November 2019 | 11:38 WIB
Berapa sih jumlah mitra  pengemudi transportasi daring di Indonesia? Sampai detik ini belum ada data pasti, baik yang dikeluarkan perusahaan aplikasi transportasi macam Gojek dan Grab maupun pemerintah. 

Berapa sih jumlah mitra  pengemudi transportasi daring di Indonesia? Sampai detik ini belum ada data pasti, baik yang dikeluarkan perusahaan aplikasi transportasi macam Gojek dan Grab maupun pemerintah. 

Pada saat yang sama, perusahaan aplikasi baru yang mengaspal di sektor transportasi daring (online) kian menjamur. Mereka berani menantang dua raksasa yang tak tergoyahkan, Gojek dan Grab. Namun, kehadiran mereka justru kian mempersempit ruang gerak usaha ini.

Setidaknya, penambahan jumlah aplikator transportasi daring yang baru itu akan meningkatkan jumlah pengemudi (driver), tentu di luar jumlah pengemudi Grab dan Gojek. Peningkatan jumlah driver yang diperkirakan signifikan, rupanya tidak diikuti dengan pertumbuhan jumlah pelanggan yang relatif lebih lambat.

Meski begitu, jumlah pasti mitra pengemudi transportasi daring khususnya ojek online (ojol) tidak diketahui pasti baik oleh publik maupun pemerintah. Jumlah pasti pengemudi ini diduga disembunyikan oleh para aplikator.

Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono menuturkan hal tersebut. Saat ini, ujarnya, asosiasi pengemudi ojol pun tidak memiliki data atau catatan dipegang oleh mereka terkait dengan jumlah pasti mitra pengemudi.

Dia hanya bisa memproyeksikan bahwa jumlah pengemudi ojol sekitar 2,5 juta orang. Adapun, simpatisan sendiri Garda mencapai 200.000 mitra di seluruh Indonesia. Jika perusahaan aplikator baru terus bertumbuh, tak mustahil perekrutan driver baru terus terjadi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top