Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Presiden Joko Widodo (kiri) mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di sela-sela KTT G20,  di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/7) siang waktu setempat. - REUTERS/Carlos Barria
Premium

Perlu Respons Cepat Tangkap Peluang dari Negeri Paman Sam

07 November 2019 | 13:05 WIB
Berbagai tawaran investasi dan kerja sama yang disampaikan AS kepada Indonesia diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan cepat oleh pemerintah.

Bisnis.com, JAKARTA — Kunjungan Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross ke Indonesia diharapkan ditindaklanjuti dengan segera agar peluang investasi dan perdagangan dari Negeri Paman Sam dapat dimanfaatkan optimal.

Ross bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan melakukan pembicaraan dengan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam dua kesempatan terpisah di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P. Roeslani mengatakan selama ini, Indonesia masih terbilang lambat dalam menindaklanjuti peluang bisnis yang ditawarkan oleh negara mitra dagang dan investasinya.

“Pengusaha kita sudah proaktif, maka pemerintah juga harus proaktif. Negara-negara pesaing kita sangat cepat menindaklanjuti peluang yang ada di tiap pertemuan bilateral. Apalagi, AS sangat menjunjung asas fair trade dan resiprokal. Kalau kita lambat menindaklanjutinya, maka peluang yang ada akan lewat begitu saja,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (6/11).

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) berbincang dengan Menteri Perdagangan Amerika Serikat Wilbur Ross (kiri) di kantor Kemenko Perekonomian di Jakarta, Rabu (6/11/2019)./ANTARA FOTO-Nova Wahyudi

Rosan mengungkapkan dalam sejumlah pertemuan bisnis dengan pengusaha asal AS, Indonesia mendapatkan apresiasi dalam menjaga kondisi perekonomiannya. Namun, mereka juga memberikan sejumlah catatan yang harus diperbaiki oleh Indonesia agar dapat menarik sebagai mitra dagang dan investasi bagi pengusaha AS.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top