Cakra Motor Bakal Jual Sepeda Motor Listrik Rp8 Juta-Rp15 Juta

Direktur Utama PT Cakra Motor Nasional Robin menuturkan tengah melakukan uji tipe untuk tiga tipe sepeda motor yakni S2000, e800 dan 1200.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 03 Oktober 2019  |  17:15 WIB
Cakra Motor Bakal Jual Sepeda Motor Listrik Rp8 Juta-Rp15 Juta
Presiden Joko Widodo menjajal sepeda motor listrik buatan dalam negeri 'Gesits', di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Cakra Motor Nasional yang bekerja sama dengan pabrikan asal China akan meluncurkan tiga varian kendaraan roda dua berbasis listrik.

Direktur Utama PT Cakra Motor Nasional Robin menuturkan tengah melakukan uji tipe untuk tiga tipe sepeda motor yakni S2000, e800 dan 1200.

"Kami akan bekerja sama dengan komponen lokal, jadi saya inginnya 90 persen sudah local content, sementara yang tidak bisa itu cuma baterai, kita harus impor, motor, sama controller dari China," terangnya, Rabu (2/10/2019).

Importasi tersebut dilakukan karena Indonesia belum memiliki teknologi yang dibutukan dan untuk membangun teknologi tersebut membutuhkan investasi yang tidak sedikit.

Pabrikan yang akan mengambil nama pasar Cakra ini memiliki kapasitas 1 line produksi yang dapat mencapai 1 juta unit. "Itu [investasinya] kurang lebih US$1 juta," imbuhnya.

Dia mengatakan segera membangun pabrik pada 2020 atau setelah animo masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik terbentuk.

Terkait produknya, dia belum dapat memberikan harga detail karena masih dalam tahap pengurusan sertifikat uji tipe (SUT) yang akumulasi dari proses perizinan tersebut akan menambah biaya produksi baru dapat diberikan harga komersialnya.

"Harus ada perlakuan khusus seperti bebas apa, bea masuknya bagaimana, biaya balik namanya juga. Pengujian tipenya juga dinolkan, tapi kita kan tergantung lagi dari pihak Kementerian Keuangan," katanya.

Dia menegaskan untuk harga off the road produk sepeda motornya dapat dibeli antara Rp8 juta--Rp15 juta. "Nantinya kawasan industri kita akan buka di kawasan Karawang atau Bekasi. Perakitan nasional," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Sepeda Motor Listrik

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top