Strategi Airy Rooms Tingkatkan Okupansi Saat Perayaan Kemerdekaan

Meramaikan selebrasi ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-74, Airy mengajak traveller untuk mengeksplorasi kekayaan wisata di Tanah Air dengan menghadirkan pilihan akomodasi dan moda pesawat yang lebih terjangkau.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 15 Agustus 2019  |  15:26 WIB
Strategi Airy Rooms Tingkatkan Okupansi Saat Perayaan Kemerdekaan
Chief Executive Officer Airy, Danny Handoko menyampaikan sambutan pada peluncuran program Airy Community, di Jakarta, Rabu (3/7/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA— Meramaikan selebrasi ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-74, Airy mengajak traveller untuk mengeksplorasi kekayaan wisata di Tanah Air dengan menghadirkan pilihan akomodasi dan moda pesawat yang lebih terjangkau.

Melalui program unik ‘GERCEP Merdeka’, pengguna Airy berkesempatan mendapatkan diskon hotel/tiket pesawat hingga 74%, dan memesan kamar dengan harga super murah, mulai Rp17.845 berlaku sampai 31 Agustus 2019.

Diperkuat lebih dari 1.200 properti di 92 kota yang tersebar di penjuru Indonesia, Airy menyediakan katalog kamar inap yang luas dan berkualitas guna memudahkan traveller menjelajah Nusantara, tanpa perlu mengkhawatirkan kenyamanan. 

CEO Airy Danny Handoko mengatakan Airy sebagai perusahaan lokal asli Indonesia unggul berkat pemahaman mendalam mengenai pasar Tanah Air, terlebih wawasan terhadap keberagaman kultur dan khazanah alamnya. 

Sebagai salah satu pelopor di bidang manajemen perhotelan berbasis teknologi, Airy bertekad untuk berperan aktif dalam memajukan pariwisata Indonesia melalui ekonomi digital. 

"Agustus tentunya menjadi bulan yang sangat bermakna bagi Airy. Karenanya, menyemarakkan peringatan kemerdekaan, kami menggagas program ‘GERCEP Merdeka’ untuk semakin menumbuhkan kecintaan para traveller terhadap negeri ini dan menggelorakan semangat berpetualang agar mereka melihat Indonesia secara lebih berwarna,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (15/8/2019). 

Pemerintah memang terus bergerak untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia lewat berbagai strategi. Hasil positif tampak dari jumlah perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) sepanjang 2018 yang mengalami peningkatan 12,37% menjadi 303,4 juta kali ketimbang tahun sebelumnya. 

Sementara itu, dari segi wisatawan mancanegara (wisman), jumlah kunjungannya mencapai 15,81 juta kali pada 2018, naik 12,58% dibandingkan dengan 2017. Agustus menjadi periode yang menyedot pengunjung wisman terbanyak. 

Data BPS memperlihatkan jumlah kunjungan wisman pada bulan tersebut mencapai 1,39 juta (2017) dan meningkat menjadi 1,51 juta di tahun berikutnya (2018). 

Vice President Marketing Airy Ika Paramita mengatakan tren peningkatan tersebut juga memotivasi Airy untuk kreatif menarik minat para traveller

Dengan akomodasi dan tiket pesawat yang lebih terjangkau melalui ‘GERCEP Merdeka’, kami ingin wisatawan tak ragu berlama-lama mengagumi keindahan wisata Indonesia. Bukan hanya traveller dalam negeri, namun juga para wisman dari berbagai negara,” imbuh Ika.

'GERCEP Merdeka’ terbagi ke dalam lima program pilihan. Pertama, promo jual kilat (flash sale) untuk harga unik kemerdekaan Rp 17.845 dan diskon hingga 74%.

Kedua, program potongan harga 17% (maksimal Rp 200.000) untuk pemesanan lewat aplikasi dengan menyertakan kode ‘MERDEKAAPP’ dan berlaku hingga 18 Agustus 2019.

Ketiga, program potongan harga 8% (maksimal Rp 200.000) untuk pemesanan lewat situs Airyrooms.com dengan menyertakan kode ‘MERDEKAWEB’ dan berlaku hingga 18 Agustus 2019.

Keempat, potongan harga 25% (maksimal Rp100.000) dengan menyertakan kode ‘MERDEKA25’ untuk reservasi lewat aplikasi dan website Airy selama periode pemesanan sampai 31 Agustus 2019.

Kelima, selain penerapan kode promo, pengguna juga bisa mendapatkan potongan harga spesial untuk layanan Airy dengan metode pembayaran tertentu; antara lain bermitra dengan perusahaan-perusahaan nasional terdepan: Go-Pay dari Go-Jek, BRI, dan Telkomsel.

Lebih lanjut lagi, Danny Handoko menuturkan keterjangkauan harga tak berarti Airy mengabaikan elemen akomodasi terpenting, yaitu kenyamanan. Perusahaan justru tegas menetapkan standar akomodasi Jaminan Kenyamanan Airy di seluruh propertinya. 

Setiap kamar menyediakan setidaknya tujuh fasilitas utama: air conditioner, televisi, tempat tidur yang bersih, air minum, makanan ringan, perlengkapan dasar mandi, dan air panas. Berkat konsistensi tersebut, Airy berhasil mencatatkan jutaan transaksi pemesanan hotel dan pesawat sepanjang 2018.

Selain kemanfaatan bagi traveller pengguna, kiprah Airy bagi perkembangan industri pariwisata diwujudkan lewat penguatan 3T: Teknologi, Training dan Transformasi Properti. Di ranah teknologi, Airy mendampingi para mitra properti, beserta karyawan-karyawannya, dengan Property Management System, berupa dasbor yang mudah diakses secara real time dan menyajikan informasi secara transparan sehingga meningkatkan efisiensi dari segi waktu maupun pembiayaan. 

Dengan penerapan teknologi tersebut, Airy berhasil mendorong tingkat okupansi mitra propertinya hingga 60%—70% per bulan, bahkan mengurangi biaya operasional sebesar 30%—35%. 

Dari segi training, guna meningkatkan mutu SDM pariwisata di Indonesia, Airy memprakarsai rangkaian pelatihan para karyawan di properti naungannya (bertajuk Airy Community) dengan target 4.000 peserta sepanjang 2019. 

Lalu, dari segi transformasi properti, Airy memberikan bantuan konsultasi perhotelan bertaraf internasional kepada mitra pemilik dan menghubungkan dengan rekanan guna merenovasi infrastruktur (jika dibutuhkan) agar mereka bisa menyediakan layanan optimal bagi traveller. 

“Dengan solusi yang komprehensif dan program pemasaran yang variatif, kami optimis, Airy bisa kian diterima  secara luas sebagai pencetus ekosistem perjalanan beranggaran rendah yang mumpuni di Indonesia,” kata Danny.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hotel

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top