Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Upaya Mendorong Industri Jamu di Indonesia

Ini yang kita sayang sayangnya, ketika industri obat herbal di Indonesia masih tertinggal dari negara lain seperti Tiongkok dan India. Seharusnya Indonesia yang memiliki 30.000 jenis tanaman herbal mampu membuat lebih banyak resep obat herbal dengan potensi nilai industri yang jauh lebih besar dibandingkan negara lai

Bisnis.com, JAKARTA – Jamu merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah ada sejak dahulu kala. Ini tidak lepas dari banyaknya jenis tanaman herbal di Indonesia yang jumlahnya mencapai sekitar 30.000 jenis.

Brand Manager PT Air Mancur, Maria Astridina mengatakan banyaknya tanaman herbal yang dimiliki Indonesia masih belum dimaksimalkan untuk industri obat herbal. Berbeda dengan China yang hanya memiliki 13.000 jenis herbal tetapi mampu membuat lebih dari 10.000 resep obat herbal.

“Ini yang kita sayang sayangnya, ketika industri obat herbal di Indonesia masih tertinggal dari negara lain seperti Tiongkok dan India. Seharusnya Indonesia yang memiliki 30.000 jenis tanaman herbal mampu membuat lebih banyak resep obat herbal dengan potensi nilai industri yang jauh lebih besar dibandingkan negara lain,” ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Jumat (21/6/2019).

Untuk itulah, dia Maria mengatakan bahwa perlu adanya dorongan dari para pelaku Industri jamu mulai dari pemerintah, produsen, hingga ke pedagang jamu untuk mengembangkan industry herbal di Tanah Air.

Salah satu bentuk dukungan dari PT Air Mancur dalam pertumbuhan industri jamu adalah dengan memberikan pelatihan dan menjalin kerjasama dengan para pedagang jamu. Pihaknya memberikan pelatihan kepada para pedagang jamu cara memilih produk jamu yang berkualitas dan terstandard.

“Kami juga menginformasikan bagaimana cara mengenalkan kembali produk-produk herbal kepada konsumen. Gathering ini juga menjadi ajang yang baik bagi perusahaan untuk mendapatkan informasi mengenai kendala dan hambatan para pedagang jamu dalam menjual produk-produk herbal," tuturnya.

Kegiatan gathering yang berlangsung selama 3 hari ini terdiri dari 3 acara besar yaitu kunjungan pabrik Air Mancur, pengundian Grand Prize Program Grosir Jamu dan City Tour kota Solo.  Pada kunjungan pabrik tersebut, 250 orang mitra PT Air Mancur yang menjadi peserta gathering melihat secara langsung proses produksi Jamu Air Mancur yang sudah terstandarisasi ISO 9001:2015. 

Diharapkan dengan adanya acara ini, para pedagang jamu akan semakin termotivasi dan mendapatkan pengetahuan yang cukup untuk mengembangkan usahanya dan secara langsung meningkatkan industri jamu di Indonesia.

Di samping itu dalam waktu dekat, PT Air Mancur juga akan memperkenalkan musisi Nurbayan sebagai Brand Ambasador baru dari PT Air Mancur, untuk lebih mempopulerkan produk Jamu Air Mancur di segala usia. 

 

Upaya Mendorong Industri Jamu di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper