Sentimen Ekonomi Zona Euro Lampaui Ekspektasi Pada Mei

Sentimen ekonomi zona euro berhasil rebound dari pelemahannya bahkan menorehkan capaian yang lebih baik dari perkiraan pada Mei.
Sentimen Ekonomi Zona Euro Lampaui Ekspektasi Pada Mei Renat Sofie Andriani | 28 Mei 2019 16:42 WIB
Sentimen Ekonomi Zona Euro Lampaui Ekspektasi Pada Mei
Bursa Eropa

Bisnis.com, JAKARTA – Sentimen ekonomi zona euro berhasil rebound dari pelemahannya bahkan menorehkan capaian yang lebih baik dari perkiraan pada Mei.

Berdasarkan data Komisi Eropa yang dirilis pada Selasa (28/5/2019), indikator sentimen ekonomi untuk 19 negara yang menggunakan mata uang euro naik menjadi 105,1 pada Mei dari 103,9 pada April.

Hasil tersebut melampaui ekspektasi pasar yang memperkirakan tidak adanya perubahan posisi.

Sentimen ekonomi zona euro rebound setelah 10 bulan berturut-turut turun, didongkrak optimisme yang lebih besar di sektor jasa, industri, serta di antara konsumen.

Sementara itu, sentimen jasa meningkat menjadi 12,2 dari 11,8, sekaligus melampaui ekspektasi untuk penurunan ke level 11,0.

Sentimen industri juga tampak lebih baik dari ekspektasi dengan naik ke -2,9 dari -4,3, sedangkan indeks untuk konsumen meningkat ke -6,5 dari -7,3.

Kendati demikian, di sisi lain, indikator iklim bisnis, yang membantu menunjukkan fase siklus bisnis, terus turun menjadi 0,30 pada Mei dari 0,42 pada April.

Angka indikator iklim bisnis itu jauh di bawah ekspektasi pasar untuk penurunan ke 0,40.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ekonomi eropa

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top