Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo IV Siapkan 3.000 Tiket Mudik Gratis, Ini Perinciannya

PT Pelindo IV (Persero) menyiapkan kuota penumpang kapal yang mengikuti program mudik gratis pada Idulfitri tahun ini sebanyak 3.000 orang.
Ilustrasi - Petugas memasukkan sepeda motor milik peserta mudik gratis ke dalam kapal KM Dobonsolo tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (17/6)./Antara-Hafidz Mubarak A
Ilustrasi - Petugas memasukkan sepeda motor milik peserta mudik gratis ke dalam kapal KM Dobonsolo tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (17/6)./Antara-Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelindo IV (Persero) menyiapkan kuota penumpang kapal yang mengikuti program mudik gratis pada Idulfitri tahun ini sebanyak 3.000 orang.

Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang mengatakan, tahun ini pihaknya menyiapkan 21 pelabuhan untuk pelaksanaan mudik, yakni Pelabuhan Makassar, Bitung, Pantoloan, Kendari, Gorontalo, Parepare, Tolitoli, Manado, Balikpapan, Samarinda, Tarakan, Nunukan, Tanjung Redeb, Ambon, Ternate, Sorong, Jayapura, Biak, Manokwari, Merauke, dan Fakfak. 
 

“Pada program mudik gratis tahun ini kami menyiapkan 88 bus dan 27 kapal cepat dengan peserta mudik penumpang kapal laut dan masyarakat sekitar pelabuhan,” kata Farid dalam siaran pers, Rabu (22/5/2019).
 

Menurut dia, pada Lebaran kali ini, kegiatan kapal terbanyak berlangsung di Pelabuhan Manado, Nunukan, dan Kendari, yang merupakan angkutan penyeberangan antarpulau dengan total 1.232 unit. 
  

Sementara itu, embarkasi (keberangkatan) terbanyak terjadi melalui Pelabuhan Makassar, Balikpapan, Ambon, Parepare, Kendari, dan Nunukan sebanyak 386.619 orang. 
 

“Sedangkan debarkasi (kedatangan) terbanyak melalui Pelabuhan Makassar, Parepare, Balikpapan, Ambon, dan Kendari sebanyak 324.657 orang,” jelasnya. 
 

 Farid menyebutkan realisasi mudik Idulfitri tertinggi melalui Pelabuhan Makassar, Balikpapan, dan Parepare. Pada 2017, jumlah penumpang mencapai 634.392 orang, pada 2018 meningkat menjadi 711.276 orang, dan tahun ini diestimasi 756.549 orang. 
 

Masa mudik dan balik biasanya berlangsung sepanjang H-15 dan H+15 atau selama satu bulan. 
 

Pelindo IV melalui sinergi dengan beberapa pihak, seperti Pelni, KSOP, kepolisian, dan kesehatan pelabuhan, menyiapkan posko terpadu mudik Idulfitri di area pelabuhan.
 

Perseroan juga membentuk tim internal untuk melakukan pemantauan langsung di lapangan, menambah personel untuk pengaturan lalu lintas di dalam areal pelabuhan dan pelayanan departure control system (DCS) untuk kegiatan check in penumpang, serta merekrut tenaga relawan atau operasi senyum Lebaran, sesuai kebutuhan di cabang.
 

Dari sisi fasilitas pelabuhan, lanjut Farid, Pelindo IV juga melakukan kesiapan pada berbagai fasilitas pelabuhan, yakni tambatan kapal penumpang, jalur embarkasi dan debarkasi, terminal penumpang, lahan parkir, posko, ruang kesehatan, ruang menyusui, dan tenda tambahan.
 

“Fasilitas penunjang embarkasi dan debarkasi antara lain penambahan tenda atau kanopi dan kipas angin untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang di luar kapasitas terminal penumpang.”
 

Pelindo IV juga memperbaiki fasilitas penunjang terminal penumpang dengan menambah loket, kursi, AC, kebersihan toilet, musala, ruang menyusui, ruang informasi, dan penumpang berkebutuhan khusus atau disabilitas. 
 

Pelindo IV mematok kuota peserta mudik gratis di Pelabuhan Makassar sebanyak 650 orang, terdiri atas 300 pemudik tujuan Maros, Pangkep, dan Parepare, menggunakan 18 unit bus dan 350 orang pemudik tujuan Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Bulukumba dengan bus yang tersedia sebanyak 20 unit.
 

Dari Pelabuhan Balikpapan, Pelindo IV menargetkan 500 orang pemudik gratis dengan tujuan Samarinda, Bontang, dan Tenggarong. Di Pelabuhan Samarinda, target 250 orang pemudik gratis tujuan Bontang dan Sangatta. Di Pelabuhan Ambon, pihaknya menargetkan 400 pemudik gratis tujuan Namlea dengan menggunakan 3 unit kapal cepat.
 

Sementara itu dari Pelabuhan Sorong, target pemudik gratis sebanyak 250 orang tujuan Aimas dan Katapop. Dari Pelabuhan Kendari 350 orang target pemudik gratis tujuan Raha, Baubau dan Wanci menggunakan kapal laut.
 

Dari Parepare, kami target 550 pemudik gratis tujuan Bulukumba, Toraja, Palopo, Enrekang-Bone dan Pinrang-Sengkang-Polman menggunakan total 33 bus. Dari Pelabuhan Tarakan ditargetkan 150 pemudik gratis menggunakan kapal cepat dengan tujuan Tanjung Selor.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper