Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur Kereta Pariaman-Naras Tuntas Direaktivasi

Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan reaktivasi jalur kereta api (KA) dari Stasiun Pariaman ke Stasiun Naras, Padang Sumatera Barat sepanjang  7 kilometer.
Rel kereta api. /Bisnis.com
Rel kereta api. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan reaktivasi jalur kereta api (KA) dari Stasiun Pariaman ke Stasiun Naras, Padang Sumatera Barat sepanjang  7 kilometer.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan reaktivasi jalur KA Pariaman-Naras merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur yang merata. Pembangunan infrastruktur tidak hanya terpusat di pulau Jawa saja melainkan merata hingga seluruh Indonesia.

"Ini yang dinamakan Indonesia Sentris di mana pembangunan dilakukan diseluruh wilayah Indonesia tidak hanya di pulau Jawa saja" kata Budi dalam siaran pers, Jumat (22/3/2019).

Dia menambahkan Sumbar memiliki potensial dari berbagai sektor, untuk itu pemerintah begitu serius membangun infrastruktur yang ada di Sumbar agar dapat meningkatkan potensi yang ada di Sumbar.

Pemerintah beberapa waktu lalu telah membangun Bandara Internasional Minangkabau, Kereta Api Bandara Minangkabau dan reaktivasi jalur KA. Hal tersebut dilakukan agar dapat meningkatkan potensi pariwisata, warisan budaya, dan sajian kuliner.

Pihaknya menuturkan peningkatan reaktivasi jalur KA akan terus dilalukan dan direncanakan pada 2019 ini reaktivasi jakur KA Padang-Pulau Aer akan selesai.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri mengatakan reaktivasi Jalur KA Pariaman - Naras telah dilakukan sejak 2015 dengan alokasi APBN hingga Rp51,9 miliar. Reaktivasi yang dilakukan yaitu mengganti Rel R.25 Bantalan Kayu dengan R. 54 Bantalan Beton serta peningkatan fasilitas persinyalan, pembangunan 11 unit jembatan dan modernisasi Stasiun Naras

Reaktivasi jalur KA ini merupakan yang kedua diselesaikan di Sumatera Barat dari total program reaktivasi perkeretaapian sepanjang 213 KM. Reaktivasi pertama telah diselesaikan dan dioperasikan sepanjang 27 KM (Lubuk Alung-Kayu Tanam dan Pariaman-Naras). Dari total panjang Rel KA di Sumatera Barat sepanjang 304 Km, hingga saat ini telah direaktivasi dan dioperasikan sepanjang 72,2 Km.

Jalur KA tersebut dilayani oleh KA Sibinuang, yang sebelumnya hanya melayani lintas Padang – Pariaman. Dengan diresmikannya stasiun Naras dan pengoperasian jalur KA Pariaman-Naras, layanan operasional KA Sibinuang bertambah dengan rute Padang – Pariaman – Naras. 

Bersamaan dengan pengoperasian segmen Pariaman – Naras ini, juga dilakukan integrasi lintas pelayanan dan jadwal dari tiga lintas pelayanan KA penumpang di Sumatera Barat yaitu : KA Sibinuang (rute Padang - Pariaman - Naras) , KA Lembah Anai (lintas Kayu Tanam-Lubuk Alung-Bandara Internasional Minangkabau), dan KA Minangkabau Ekspress (rute Padang – Bandara Internasional Minangkabau).

KA Sibinuang dan KA Lembah Anai akan terintegrasi di Stasiun Lubuk Alung dan di Stasiun Duku dengan layanan KA Minangkabau Express.

Tarif yang dikenakan untuk KA Lembah Anai yang merupakan kereta perintis tetap Rp3.000, kemudian KA Sibinuang yang merupakan kereta dengan Public Service Obligation (PSO) Rp5.000 dan terakhir KA Minangkabau Ekspres yang merupakan kereta perintis Rp5.000 (bila tidak dari/ke bandara). Apabila naik KA Minangkabau Ekspres dari/ke bandara, tarif yang dikenakan menjadi Rp10.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper