Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shopee Catat Peningkatan Tren Belanja Kebutuhan Sehari-hari

Shopee mencatat perkembangan positif dari belanja kebutuhan sehari-hari di platform dagang-el ini.
Chris Feng, bos Shopee/Twitter.com
Chris Feng, bos Shopee/Twitter.com

Bisnis.com, JAKARTA – Shopee mencatat perkembangan positif dari belanja kebutuhan sehari-hari di platform dagang-el ini.

Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia, mengatakan untuk mengantisipasi hal tersebut, sejak awal 2018, pihaknya telahmenghadirkan pilihan tombol Shopee Mart untuk lebih memudahkan pengguna yang ingin mencari produk kebutuhan sehari-hari.

“Kami melihat perkembangannya sangat cepat dan terus meningkat. Sejak diluncurkan hingga saat ini, Shopee Mart dikunjungi kurang lebih 30.000 kali per hari. Hal ini juga menunjukkan minat dan antusiasme yang cukup tinggi dari pengguna kami,” ujarnya, kepada Bisnis, Kamis (7/6/2018).

Dia menambahkan hal tersebut juga terlihat dari salah satu kampanye dengan brand FMCG yaitu P&G, dimana selama 24 jam, interface utama Shopee didedikasikan hanya untuk P&G. Selama periode tersebut, P&G Official Store di Shopee mencatat peningkatan pesanan hingga 120 kali dibandingkan dengan hari biasanya

“Semua produk P&G yang dijual di Flash Sale habis, seperti paket Shampo yang laris dalam 1 menit,” ujarnya.

Adapun selama periode Big Ramadhan Sale, pihaknya juga melihat peningkatan rata-rata pengeluaran 20% yang dihabiskan oleh pengguna untuk produk kebutuhan sehari-hari.

Kategori-kategori secara umum antara lain kecantikan dan kesehatan, perawatan rumah, keperluan bayi dan anak, hingga makanan dan minuman.

Produk-produk yang paling banyak dibeli biasanya yang bersifat dapat disimpan untuk jangka waktu yang cukup lama seperti minyak goreng, shampoo, sabun, sabun cuci muka dan juga makanan ringan.

Dalam memenuhi kebutuhan produk sehari-hri atau FMCG tersebut, Shopee juga bermitra dengan brand, ritel modern, hingga distributor untuk memberikan ragam pilihan produk yang lengkap dan berbagai penawaran.

Rezki mengatakan bentuk kerjasama yang dilakukan adalah layanan pembukaan toko di Shopee, pengenalan fitur pada aplikasi, konsultasi untuk pengembangan bisnis, hingga promosi-promosi berupa kampanye, flash sale, dan sebagainya.

Sudah terdapat beberapa ritel modern yang bergabung bersama Shopee antara lain Tip Top Supermarket, Lottemart, Bonnet Supermarket, Ranch Market dan Farmers Market.  

“Kedepannya kami ingin merangkul lebih banyak lagi mitra-mitra dari ritel konvensional agar pengguna Shopee lebih mempunyai banyak pilihan berbelanja di dalam aplikasi sehingga mendapatkan pengalaman belanja yang berbeda,” jelasnya.

Apalagi, katanya, jika melihat tren belanja untuk produk sehari-hari melalui e-commerce, ke depannya juga akan terus meningkat sejalan dengan belanja online yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari.

“Untuk kategori produk-produk FMCG kami justru lebih melihatnya sebagai banyak pada sisi peluang dibanding tantangan karena ruang untuk kemitraan masih amat terbuka lebar,” ujarnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper