Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemenang Lelang 3 Bendungan Masih Diproses

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat masih memproses penetapan pemenang lelang tiga bendungan yakni Bendungan Sidan di Bali, Bener di Jawa Tengah, dan Tiga Dihaji di Sumatra Selatan.
Ilustrasi: Bendungan Rukoh di Aceh
Ilustrasi: Bendungan Rukoh di Aceh

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat masih memproses penetapan pemenang lelang tiga bendungan yakni Bendungan Sidan di Bali, Bener di Jawa Tengah, dan Tiga Dihaji di Sumatra Selatan.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Imam Santoso mengatakan bahwa ketiga bendungan tersebut tengah menunggu izin kontrak pembangunan pada Kementerian Keuangan dengan menggunakan anggaran tahun jamak.

"Sudah selesai lelang, tinggal menunggu penetapan pemenang, dan tengah menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan. Setelah itu baru dikontrak," ujarnya, Rabu (25/4/2018).

Kepala Pusat Bendungan Kementerian PUPR Ni Made Sumiarsih menuturkan bahwa penandatanganan kontrak pembangunan tiga bendungan tersebut rencananya dilakukan paling lambat akhir Mei 2018.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan kontrak pembangunan ketiga bendungan ditandatangani pada awal Januari lalu, lalu diundur menjadi akhir Februari. Kemudian, target penandatanganan kontrak diundur menjadi akhir Maret dan hingga kini belum terlaksana.

Sumiarsih menuturkan bahwa Bendungan Sidan masih dilakukan proses usulan pemenang kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Bendungan Bener dan Tigadihaji tengah proses evaluasi penawaran. Rencana awal bulan [Mei] pengusulan ke Pak Menteri,” ujarnya.

Pada pertengahan Februari lalu, terdapat enam kontraktor yang berhasil lolos dalam tahap prakualifikasi Bendungan Sidan yakni PT Nindya Karya, PT Wijaya Karya Tbk., PT Waskita Karya Tbk., PT Pembangunan Perumahan Tbk., PT Brantas Abipraya (Divisi 2), dan PT Hutama Karya.

Sementara itu, pada pertengahan Maret lalu, ada lima kontraktor pelat merah masuk dalam tahap prakualifikasi lelang Bendungan Tiga Dihaji yakni  PT Nindya Karya, PT Wijaya Karya Tbk., PT Waskita Karya Tbk. PT Brantas Abipraya, dan PT Hutama Karya.

Adapun, pada prakualifikasi lelang Bendungan Bener, kontraktor yang lolos prakualifikasi ialah PT Wijaya Karya TBk., PT Waskita Karya Tbk., PT Brantas Abipraya (Divisi 2), PT Pembangunan Perumahan Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper