Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Permudah Pengguna Jasa Kapal, Pelindo III Terapkan Layanan Digital

Human Capital dan General Affair Director Pelindo III, Toto Heli Yanto mengatakan digitalisasi layanan pengurusan kapal merupakan bagian dari upaya perseroan dalam digitalisasi bisnis logistik secara umum
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 05 Maret 2018  |  22:06 WIB
Terminal Peti Kemas Semarang - Pelindo III
Terminal Peti Kemas Semarang - Pelindo III

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menerapkan digitalisasi layanan pengurusan kapal guna mempermudah pengguna jasa.

Human Capital dan General Affair Director Pelindo III, Toto Heli Yanto mengatakan digitalisasi layanan pengurusan kapal merupakan bagian dari upaya perseroan dalam digitalisasi bisnis logistik secara umum.

"Pelindo III mendorong implementasi internet of things (IoT) di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya karena efisiensi logistik tidak hanya modernisasi alat-alat berat, tapi juga pada proses bisnis di back office," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (5/3/2018).

Toto menjelaskan, berkat pemanfaatan teknologi, rapat perencanaan jasa untuk kapal yang akan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak dapat dilakukan secara meeting online tanpa bertatap muka secara fisik.

Sejak Februari 2017, Pelindo III juga sudah menerapkan integrated billing system (IBS) dalam platform besutan tenaga IT internal yang bernama Portal Anjungan. Setahun berselang, BUMN berkantor pusat di Surabaya ini juga meluncurkan aplikasi Home Terminal system.

Aplikasi Home Terminal serupa dengan marketplace di mana pengguna jasa bisa memilih aneka jasa kepelabuhan dari penyedia jasa yang ada di pelabuhan dengan harga yang transparan. Pada tahap awal apliaksi ini memiliki empat fitur utama, yakni vessel service, port activities, logistic dan container management.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top