Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PKJ Layani 100 Transaksi Pembelian Gula Rafinasi Sejak September 2017

Direktur PT Pasar Komoditas Jakarta (PKJ) Jansen Tri Utama mengungkapkan sejak dilakukan softlaunching pada September 2017, tercatat terjadi 100 transaksi pembelian gula rafinasi oleh pelaku usaha kecil dan menengah.
./.
./.

Bisnis.com,JAKARTA — Direktur PT Pasar Komoditas Jakarta (PKJ) Jansen Tri Utama mengungkapkan sejak dilakukan soft launching pada September 2017, tercatat terjadi 100 transaksi pembelian gula rafinasi oleh pelaku usaha kecil dan menengah.

Adapun harga rata-rata gula yang diperdagangkan hingga Desember 2017 berkisar antara Rp8.800 per kilogram hingga Rp9.500 per kilogram. Sementara, sejumlah industri makanan dan minuman besar belum melakukan pembelian karena mereka hanya diwajibkan melaporkan kontrak lama mereka ke dalam sistem.

“Total transaksi kurang lebih 1.000 ton baik produk biasa maupun khusus. Harga jual sudah termasuk PPN langsung dari penjual ke industri pengguna sebagai pembeli,” paparnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (6/12/2017)

Jansen mengatakan dari 11 produsen GKR yang terdaftar separuhnya telah melakukan penjualan. Beberapa di antaranya masih belum menjalankan transaksi karena masih menyelesaikan proses administrasi.

Dia menyatakan sejumlah peningkatan sistem telah dilakukan guna mengakomodisasi masukan dari berbagai pihak. Beberapa layanan ditambahkan untuk mengefektifkan skema lelang gula kristal rafinasi (GKR) yang bakal bergulir dalam waktu dekat.

“PKJ sudah siap, dari September 2017 [saat softaunching] ada beberapa improvement yang kita lakukan berdasarkan masukan dari teman-teman,” ujarnya.

Jansen mengatakan layanan yang ditambahkan antara lain fasilitas pengembalian atau retur GKR oleh pembeli. Selain itu, perseroan juga menambah kerja sama dengan beberapa bank untuk urusan pembiayaan.

Di sisi lain, perbaikan juga dilakukan dari segi pengiriman barang. Pihaknya telah menggandeng PT Pos Indonesia sebagai referensi transportasi pengiriman GKR kepada pembeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper