Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Rangkaian Kereta Siap Saat Uji Coba Operasional

Delapan rangkaian kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan siap pada saat uji coba operasi moda transportasi berbasis rel tersebut dilaksanakan pada 25 November 2017.
KRL melintas di lokasi pembangunan stasiun Sudirman Baru yang merupakan jalur kereta bandara di Jakarta, Senin (10/4)./Antara-Prasetyo Utomo
KRL melintas di lokasi pembangunan stasiun Sudirman Baru yang merupakan jalur kereta bandara di Jakarta, Senin (10/4)./Antara-Prasetyo Utomo

Bisnis.com, JAKARTA - Delapan rangkaian kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan siap pada saat uji coba operasi moda transportasi berbasis rel tersebut dilaksanakan pada 25 November 2017.

Plt. Direktur Sarana Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Edi Nursalam mengatakan pihaknya telah melakukan sertifikasi terhadap enam rangkaian kereta.

“Nantinya, saat uji coba [operasi] delapan trainset sudah siap. Jadi 8 x 6 banyak banget. Kereta sih sudah siap sarananya,” paparnya di Jakarta pada Kamis (2/11/2017).

Sementara untuk sertifikasi prasarana, Edi yang juga menjabat sebagai Direktur Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub mengungkapkan akan dilakukan secara bertahap.

Kemenhub, lanjutnya, segera menggelar safety assesment terhadap prasarana kereta Bandara Soekarno-Hatta sebelum uji coba operasional dilaksanakan.

“Nanti ada diuji [oleh] direktur prasarana, keselamatan, dan ada penilaian keselamatan atau safety assesment. Assesment itu segera kita lakukan,” kata Edi.

Dia menuturkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginginkan rel kereta Bandara Soekarno-Hatta sudah terhubung seluruhnya pada 10 November 2017.

Oleh karena itu, lanjutnya, terdapat waktu hingga 15 hari sampai 25 November 2017 untuk melakukan pengujian-pengujian dan penyempurnaan-penyempurnaan yang dibutuhkan. Akan tetapi, ungkapnya, belum ada sertifikasi total terkait dengan prasarana KA bandara tersebut.

“Sudah bisa [penumpang umum naik]. 25 November 2017 itu sebenarnya diharapkan penumpang umum sudah naik, tapi tahapnya masih uji coba,” lanjutnya.

Pada uji coba operasional nanti, tambahnya, diputuskan terdapat total 80 perjalanan kereta bandara dengan perincian 40 perjalanan dari Stasiun Sudirman Baru dan 40 perjalanan dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Dia menuturkan sebenarnya kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta bisa beroperasi secara penuh pada awal tahun depan.

“Jadi, kita masih punya waktu sebulan pada Desember 2017. Mudah-mudahan awal Januari semua sudah sempurna. Jadi, kita uji secara sempurna,” katanya.

Dengan beroperasi secara penuh pada awal tahun, ujar Edi Nursalam, jumlah perjalanan kereta Bandara Soekarno-Hatta akan mencapai 80 perjalanan dari Stasiun Manggarai dan 40 perjalanan dari Stasiun Jakarta Kota atau 120 perjalanan per hari.

Sementara itu Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro menjelaskan saat ini rata-rata progres pengerjaan prasarana kereta Bandara Soekarno-Hatta sudah sekitar 90%.

Dia mengungkapkan pihaknya akan berusaha mempercepat pembangunan prasarana moda transportasi berbasis rel tersebut agar dapat diuji coba operasi pada 25 November 2017. Saat ini, lanjutnya, pabrik-pabrik yang harus dibongkar sudah selesai dibongkar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper